Resep Bakwan Jagung Manis Gurih-Resepku



Resep Bakwan Jagung Manis Gurih

Ads by google:

Pengen nyemil? Pasti identiknya sama yang berbau gorengan deh. Soalnya saya pun begitu, hehehe. Ngemil kali ini bakwan jagung dulu iyya 🙂

Gorengan mulu apa nda takut kolestrol? Sebenarnya takut si, tapi kalau diimbangi dengan makanan sehat, istirahat yang cukup dan olahraga pasti kolestrol menjauh deh 🙂

Baca Resep Bakwan Jagung ala Bu Tania
Bakwan Jagung

Kemarin beli jagung manis dari pasar, kalau cuman direbus dan dimakan bakalan nda ada sensasi dan perlu waktu yang lama untuk menghabiskan sebuah jagung :). Nah pas nonton tv ada iklan lewat bikin bakwan, oke juga nih buat cemilan 🙂

2 buah jagung bisa jadi semangkuk loh bund, makin yahutt lagi dengan tambahan bumbu, dan tepung terigu khusus gorengan, nyam…nyam….ughh nda nahan pokoknya pingin cepet-cepet menyantap deh 🙂

Nda usah lama-lama lagi deh bun, yuk langsung eksekusi langsung aja. Bahan dan cara membuatnya sudah ada dibawah bunda, ikuti dengan teliti iya 🙂 biar hasilnya memuaskan 🙂

Resep Bakwan Jagung

Bahan yang digunakan

  • 2 buah jagung manis muda, sisir kasar
  • Setangkai daun seledri, iris halus
  • Sebatang daun bawang, iris halus
  • 10 sdm tepung terigu untuk gorengan / protein sedang
  • 1 sdm tepung beras
  • Air secukupnya

Bumbu Halus

  • 3 butir bawang merah 
  • 1 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kencur
  • 1 sdt ketumbar
  • ¼ sdt merica
  • 1 lembar daun jeruk
  • 3 biji cabai iris tipis (jika suka)
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Sedikit tipsnya iya bund :

  1. Ketika membuat adonan, jangan terlalu encer iya bund. Supaya bakwannya bisa gembul alias gendut-gendut gitu 🙂
  2. Minyak untuk menggoreng juga diusahakan banyak iya, sampai bakwan terendam. Agar hasil gorengannya cantik dan renyah krees gitu 🙂
  3. Saat memasukkan adonan dengan sendok kedalam wajan, bagian tengah ditarik ke samping kanan kirinya, agar tampilannya lebih cantik.
Ads by google:

Cara membuat bakwan jagung spesial :

  1. Haluskan ketumbar, merica, bawang merah, bawang putih, kencur, daun jeruk, gula dan garam 🙂
  2. Setelah itu, campur bumbu halus dengan jagung yang sudah disisir, irisan daun bawang, dan irisan cabai rawit, aduk iya hingga rata.
  3. Masukkan tepung terigu dan tepung berasnya iya, aduk hingga rata.
  4. Tambahkan air secukupnya iya bund :), inget jangan terlalu encer.
  5. Terakhir icip rasa, kalau dirasa pas, tinggal menggoreng deh.
  6. Goreng sesendok demi sesendok sampai habis iya 🙂
  7. Si bakwan siap dinikmati deh 🙂

Akhirnya setelah membaca bunda jadi yakin kan mau buat sendiri bakwannya di rumah, daripada jajan keluar. Apalagi kalau musim hujan gini, pasti mah bakalan ngemil mulu :). Nah,, saatnya mencoba iya bun 🙂 semoga bermanfaat 🙂

Resep Es Air Mata Kucing Segar Khas Malaysia-ResepKu


Resep Es Air Mata Kucing Segar Khas Malaysia

Resep Es Air Mata Kucing Segar Khas Malaysia

Resep Es Air Mata Kucing – Di indonesia ternyata minuman-minuman segar yang ada itu tak hanya berasal dari dalam negeri saja ( tradisional ) melainkan ada juga yang berasal dari luar negeri. Salah satu contoh minuman asal luar negeri yang ada di tanah air adalah es air mata kucing yang aslinya berasal dari negeri jiran malaysia.

Baca Juga : Resep Es Shanghai Enak dan Segar

Dengan jarak yang sangat dekat dengan indonesia, berbagai hal yang berhubungan malaysia memang kerap masuk juga ke indonesia, salah satunya adalah kuliner. Es air mata kucing memiliki rasa yang segar dan juga enak. Cocok di minum saat siang hari ketika cuaca sedang panas-panasnya. Saking segarnya, minuman ini sendiri pernah masuk kedalam daftar minuman terenak dunia lho, hebat juga kan?.

Resep Es Air Mata Kucing
Es Air Mata Kucing

Meski namanya itu air mata kucing, bukan berarti minuman ini menggunakan air mata kucing sungguhan. Kalau benar tentunya untuk membuatnya butuh waktu yang lama karena harus mengumpulin air matanya kucing dulu. Dan untuk rasanya juga pastinya tak enak sekali saat di minum.

Air mata kucing sendiri, sebenarnya merujuk pada bahan utama dari minuman segar ini yakni kelengkeng. Kelengkeng kalau orang malaysia menyebutnya itu dengan nama ” mata kucing “, nah karena dicampur air makanya jadi air mata kucing. Kurang lebihnya demikian. Cukup menarik sekali kan?.

Baca Juga : Resep Es Jagung Hawai Manis dan Segar 

Selain segar, minuman es air mata kucing juga kaya manfaat. Diantaranya adalah bisa mengeluarkan dahak, menjaga kesehatan tubuh, meredakan panas dalam dan lain-lain. Untuk membuat minuman ini cukup mudah, bagi para bunda yag tertarik ingin membuatnya berikut resep dan cara membuatnya khusus buat kalian.

Resep Es Air Mata Kucing

Bahan-bahan:

  • 150 gram buah kelengkeng kering
  • 100 gram nata decoco
  • 1/2 liter air bersih
  • 100 gram gula pasir
  • 200 gram gula merah ( aren )
  • 1 sendok makan biji selasih
  • Es batu secukupnya

Cara membuat es air mata kucing khas malaysia:

  1. Pertama, siapkan 1 buah panci. Masukkan air bersih dan kelengkeng kering. Rebus dengan api kecil sampai kelengkengnya terlihat merekah. Setelah itu masukkan gula pasir dan gula merah / aren. Aduk-aduk dan masak sampai mendidih & gula larut. Matikan api lalu biarkan hingga dingin.
  2.  Setelah dingin, siapkan 1 buah gelas. Masukkan es batu secukpnya. Lalu masukkan nata de coco dan biji selasih. Tuangkan air rebusan kelengkeng plus kelengkengnya tentunya. Dan jadi deh es air mata kucing segar khas malaysia dan siap untuk diminum.

Demikian informasi mengenai resep dan cara membuat es air mata kucing yang segar sekali khas dari negeri malaysia. Terima kasih dan jangan lupa untuk membaca artikel resep lainnya hanya di buletinresep.

Resep Es Gabus Pelangi Enak dan Lembut-ResepKu


Resep Es Gabus Pelangi Enak dan Lembut

Resep Es Gabus Pelangi Enak dan Lembut

Resep Es Gabus – Zaman kita sekolah SD dulu, banyak sekali jajanan enak yang biasa kita beli. Banyak dan bermacam-macam lah pokoknya. Salah satu diantaranya adalah es gabus. Jajanan yang dingin dan empuk ini biasanya dijual sama abang-abang yang pakai sepeda motor. Harganya relatif terjangkau dan sesuai dengan uang saku anak SD.

Baca Juga : Resep Es Krim Oreo Mudah dan Sederhana

Anak-anak memang suka dengan es gabus. Karena rasanya enak dan empuk dan lembut. Tak cuma itu saja, warnanya juga sangat menarik saat dilihat. Es gabus sendiri ada beberapa warna misalkan coklat, susu ( putih ) dan lain-lain. Namun yang paling banyak dicari dan populer sekali adalah yang warnanya bermacam-macam alias mirip dengan pelangi.

Resep Es Gabus
Es Gabus

Es gabus pelangi yang biasanya dijual itu yang bentuknya kotak dan dibungkus dengan plastik. Ukurannya sih tipis namun ya tetap enak saat dimakan. Kalau beli tak akan cukup satu, karena masih belum bisa puas. Biasanya beli itu 2 atau hingga 3 buah. Jajanan ini boleh saja memang jadi jajanannya anak dulu, tapi sampai sekarang pun banyak orang yang membuat es ini.

Kalau para bunda, biasanya membuatnya buat anak mereka, hitung-hitung supaya mereka tidak jajan yang sembarangan. Es gabus pelangi ini menggunakan bahan-bahan yang cenderung sehat dan tidak mengandung bahan pengawet. Dan bahannya pun banyak ditemukan di warung -warung dan dijual dengan harga yang cukup murah.

Baca Juga : Resep Es Coklat Lembut dan Sederhana

Bagaimana tertarik ingin membuat es gabus pelangi ini? tenang saja untuk membuatnya terbilang mudah tak tak terlalu susah. Untuk selengkapnya silahkan ikuti saja resep dan cara membuat es gabus pelangi enak dan lembut berikut ini

Resep Es Gabus Pelangi

Bahan-bahan:

  • 100 gram tepung hunkew
  • 200 gram gula pasir
  • 1000 ml santan kelapa / bisa diganti dengan susu cair
  • Garam dapur, sedikit saja
  • Pewarna makanan secukupnya, usahakan banyak warna mulai, merah, hijau dan lain-lain supaya nanti mirip sama pelangi
  • Plastik secukupnya untuk membungkus

Cara membuat es gabus pelangi enak dan lembut :

  1. Pertama-tama, campur semua bahan yang sudah disediakan ( kecuali pewarna makanan ). Setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian. Tiap bagian di beri warna berbeda-beda sesuai dengan warna yang diinginkan. Masak salah satu adonan berwarna ( misal merah ) di panci. Masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan matang. Lalu angkat & tuang ke dalam satu buah loyang.
  2. Jika sudah ganti dengan adonan berwarna yang lainnya. Masak sama seperti tadi ( yang warna merah ). Jika sudah tuang adonan ke loyang, tumpukkan saja ke adonan pertama tadi. Lakukan berulang sampai selesai.
  3. Setelah dingin, potong-potong adonan warna-warninya ( pelangi ). Potong kotak-kotak saja atau sesuai dengan selera kalian juga boleh. 
  4. Kemudian bungkus potongan tadi dengan plastik, lalu masukkan ke dalam lemari es atau frezzer hingga membeku.
  5. Es gabus pelangi pun siap dinikmati.

Resep Cenil Bihun Manis Praktis, Hanya Butuh 30 Menit Untuk Membuatnya-Resepku



Resep Cenil Bihun Manis Praktis, Hanya Butuh 30 Menit Untuk Membuatnya

Ads by google:

Musim hujan udah mulai datang iya bund, kalau udah gini biasanya nafsu makan mulai meningkat. Bawaanya pingin nyemil mulu gitu deh, makanya siang ini bikin cenil bihun manis 🙂

Resep Cenil Bihun Manis bisa dibaca di butania.com
Cenil Bihun Bu Tania

Entah karena sugesti saya sendiri atau memang banyak yang mengalaminya iya? Kalau musim hujan gitu pasti clingak-clinguk cari camilan 🙂 atau yang manis-manis lah buat ganjel perut, hihihi. Makanya mesti nyiapain apa aja lah yang sekiranya nanti bakalan laris manis, dan yang maem bakalan kenyang :).

Baca juga: Resep Dadar Gulung isi Kelapa Muda Manis

Nah… entah kebetulan atau emang bener-bener pingin si anak bilang, nanti kalau ke pasar beli jajan pasar iya :). Lihat jam, kok kayaknya nda mungkin dapet iya udah siang banget :). Dicoba sajalah, walaupun hasilnya kosong juga 🙂

Karena nda mau mengecewakan, iya putar otak deh :). Browsing sebentar oh iya jadi kefikiran kenapa nda bikin cenil bihun aja, oke deh nanti kan kalau ada sisa bihun masih bisa terpakai buat bikin apa gitu 🙂

Sampai di rumah masih mikir kayaknya ada yang kurang deh. Setelah mengecek ke lemari dapur ternyata bener, tepung tapiokanya habis ternyata :). Hmm.. jadi ceritanya tadi salah lihat, dikira stok tapiokanya masih eh setelah dilihat ternyata maizena 🙂

Ahh… ya sudah deh karena males keluar rumah iya pakai tepung maizena aja :). Rasanya tetep enak kok bund, malah kayak agar-agar gitu bagian bawahnya, lembut :).

Nah cara membuat cenilnya bisa dilihat dibawah ini ↓ iya bund 🙂

Resep Cenil Bihun Manis

  • ½ bungkus bihun
  • 200 ml santan kelapa
  • 7 sendok tepung maizena larutkan dengan air
  • 7 sendok makan gula pasir
  • Sejumput garam
  • Kelapa muda parut secukupnya
  • Minyak untuk olesan
ads by google:

Cara membuat cenil bihun manis :

  1. Pertama rendam bihun terlebih dahulu dengan menggunakan air panas, setelah 10 menit tiriskan.
  2. Ambil sebuah wadah, campurkan bihun dengan santan, larutan tepung maizena, gula, dan garam.
  3. Aduk rata, jika suka manis bisa tambahkan lagi gulanya 🙂
  4. Olesi cetakan/loyang menggunakan minyak supaya nda lengket pas diambil dari cetakannya 🙂
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan kukus selama 20 menit saja.
  6. Angkat dan dinginkan deh 🙂
  7. Memotongnya saat udah dingin aja iya 🙂 kalau nda gitu nanti kuenya hancur
  8. Siap disajikan dengan taburan kelapa parut diatasnya

Cocok banget bun untuk dinikmati saat hujan seperti ini :), oh iya bunda juga bisa mencoba resep sosis solo yang pernah saya share untuk referensi di kemuadian hari 🙂
Selamat berkreasi 🙂

Resep Es Selendang Mayang Asli Betawi-ResepKu


Resep Es Selendang Mayang Asli Betawi

Resep Es Selendang Mayang Asli Betawi

Resep Es Selendang Mayang – Di indonesia kita ini, menyimpan banyak sekali kuliner yang enak. Termasuk juga minuman. Ada aneka ragam minuman yang segar dan juga nikmat. Ada yang terkesan sederhana hingga ada juga yang spesial alias istimewa. Bicara soal minuman, ada satu minuman yang rasanya pantas untuk dicoba. Namanya ialah selendang mayang.

Baca Juga : Resep Es Air Mata Kucing Segar Khas Malaysia

Namanya menarik sekali ya? tapi apa benar memakai selendang seperti namanya?. Ternyata eh ternyata itu cuma sekedar nama saja kok. Tak ada yang namanya penggunaan selendang yang biasanya buat menari atau menggendong bayi. Namanya sendiri sepertinya merujuk pada tampilannya yang indah dan mirip-mirip sama melendang mungkin.

Resep Es Selendang Mayang
Es Selendang Mayang

Es selendang mayang merupakan salah minuman segar yang berasal dari betawi. Minuman ini menjadi minuman yang kerap dinikmati oleh masyarakat betawi yang tinggal di kota jakarta. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa doyan sama minuman dingin ini. Apalagi kalau misal beli itu harganya murah, ya seperti harga es yang lainnya.

Baca Juga : Resep Es Shanghai Enak dan Segar

Kini es selendang mayang tak cuma ada di jakarta saja. Minuman dingin ini sudah merambah ke berbagai daerah lainnya yang ada di indonesia. Seperti bandung, surabaya dan lain-lain. Untuk membuat es selendang mayang ini tergolong mudah dan bahannya pun juga bisa dengan gampang di dapatkan. Jika kalian khususnya para bunda tertarik membuat es ini untuk keluarga, silahkan simak resep dan cara membuatnya berikut ini.

Resep Es Selendang Mayang

Bahan-bahan:

  • 100 gram tepung sagu
  • 25 gram tepung beras
  • 750 ml air bersih
  • 125 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, cuci pakai air lalu ikat simpul
  • 1/2 sendok teh garam dapur
  • Pewarna makanan warna merah muda secukupnya

Bahan untuk kuah :

  • 750 ml santan kelapa, bisa peras sendiri / pakai yang instan
  • 3 lembar daun panda, iris-iris
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam dapur

Bahan untuk saus gula :

  • 300 gram gula merah
  • 300 ml air bersih
  • 1/4 sendok teh garam dapur

Bahan pelengkap :

  • Es batu secukupnya

Cara membuat es selendang mayang betawi :

  1. Pertama buat selendang mayang nya dulu, caranya :
  • Ambil satu buah wadah. Masukkan tepung sagu dan tepung beras. Tuangkan air bersih sebanyak 250 ml lalu aduk-aduk sampai rata. Sisihkan dahulu.
  • Siapkan panci lalu masukkan 500 ml air bersih. Masukkan gula pasir dan garam dapur. Tambahkan daun pandan. Masak dengan api sedang hingga mendidih. Setelah itu angkat dan saring airnya.
  • Setelah itu masukkan kembali air rebusan gula kedalam panci, lalu masak kembali. Masukkan campuran tepung dan aduk-aduk sampai merata. Masak sampai mendidih dan angkat.
  • Kemudian tuangkan adonan ke dalam loyang. Ratakan dengan menggunakan sendok. Lalu tuangkan pewarna makanan warna merah muda, secukupnya. Tak perlu diaduk-aduk, cukup dikuaskan kepermukaanya saja. Biar kan sampai dingin dengan mengeras.

      2. Kedua buat kuah santannya, caranya :

  • Masukkan santan kelapa, gula pasir dan garam dapur serta daun pandan. Aduk-aduk sampai merata lalu masak dengan api sedang sampai mendidih. Matikan dan angkat.

      3. Berikutnya buat saus gulanya, caranya :

  • Masukkan air, gula merah dan garam kedalam panci. Aduk-aduk dan masak sampai mendidih dan mengetal

      4. Penyajian:

  •  Siapkan satu buah mangkuk. Masukkan es batu secukupnya. Sendoki selendang mayangnya lalu masukkan kedalam mangkuk. Tuangkan kuah santan dan juga saus gula. Es selendang mayang khas betawi pun siap untuk dinikmati.

Begitulah kurang lebihnya info seputar resep dan cara membuat es selendang mayang yang segar sekali asli dari betawi. Ikuti terus resep masakan terbaru di buletinresep ini ya, sampai ketemu lagi di artikel berikutnya, terima kasih.

Resep Kue Piyangko khas Jogja ala Bu Tania-Resepku



Resep Kue Piyangko khas Jogja ala Bu Tania

Ads by google:
Kue Piyangko atau Mochi iyaa??

Kue Yangko atau Mochi hasil recook dari internet
Kue Yangko ala Bu Tania

Selamat siang Bunda 😄, Udah ketemu dipertengahan bulan januari nih, hujannya bakal sehari-hari iya 😅 hehehe. Kata orang jaman dulu sih gitu iya 😆, Tak apalah meskipun hujan tapi bukan berarti kita bermalas-malas ria dong 😝

Kalau musim hujan gini, bawaannya lapar mulu, jadi harus pintar-pintar bikin camilan yang tetap mengenyangkan 😏. Iya hari ini bisa juga bikin kue Piyangko 😋 atau bisa disebut juga dengan kue mochi Bunda 😋

Terinspirasi oleh Mamah yang membawa buah tangan dari jogja kemarin 😃, dikasih bungkusan kecil kayak sosis solo(baca: resep sosis solo) gitu, kirain kan gethuk khas jogja iya, ternyata setelah digigit kok kenyil-kenyil gitu iya 😃. hehehe efek nda baca bungkus sih, padahal dibungkus ada tulisannya loh “Kue Piyangko khas jogja”

Ahh… jadi malu 😃, gitu iya kalau jadi orang yang malas membaca 😕. Rasanya seperti mocha yang bullet-bulet githu loo, cuman ini bentknya lonjong 😮. Isian yangkonya cuman kacang ditumbuk kasar dan manis gitu. Kalau mocha kan banyak varian isi iya 😍

Dalam hati, pasti ade’ bisa bikin ini yakin 😁 atau malah terlalu pede? Hahaha 😆. Sampai tiba saatnya keinginan untuk membuat yangko menggebu-gebu 😠. Andalan… browsing dulu biar hasilnya maknyuss 😋

Yess.!! Dapat resep yang ngga ribet dan bisa dengan mudah dicoba di rumah, hehehe senengnya minta ampun deh 😅, Bersyukur lagi dirumah masih ada tepung ketan sisa cake kemarin 😍, Nikmatnya Luar biasa 😊.

Oke bund, cara membuatnya sudah saya bikin sesimple mungkin iya 😊

Resep Kue Yangko atau Mochi

Bahan Kue Yangko khas jogja/ Mochi:

  • 220 gram tepung ketan putih
  • 110 gram gula pasir
  • 10 gram maizena
  • 50 ml santan hangat (bisa diganti susu cair)
  • 100 ml santan biasa
  • ¼ sdt Vanili bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng
  • Sedikit pasta pandan
Ads by google:

Isian kue Yangko :

  • 100 gram kacang tanah sangria
  • 2 sendok makan gula pasir/sesuai selera
  • 2 sendok makan air panas

Sedikit Tipsnya :

  1. Ketika adonan matang, saat mengangkat, lakukan secepat mungkin iya bund, agar kulit mochi atau yangko tetap lembab. Kalau terlalu lama kukusan dibuka maka kulit akan kering dan bahan baluran susah menempel.
  2. Karena terbuat dari tepung ketan, sudah pasti rasanya kenyal dan lembut dimulut, rasa manis mocha dan fillingnya sudah pas. Walaupun sudah dingin selama disimpan diwadah kedap udara semalaman teksture mochinya tetap chewy, kenyal dan lembut 😋

Cara membuat kue yangko:

  1. Campur tepung ketan, gula, garam, vanili bubuk. Aduk rata. Tambahkan minyak iya 😊, kemudian aduk lagi hingga rata 😊
  2. Campur maizena dan 50ml santan biasa, aduk rata. Tuangkan santan panasnya, aduk perlahan hingga rata.
  3. Masukkan ke dalam campuran tepung tadi iya bund, aduk rata. Tambahkan sisa santannya tadi sedikit demi sedikit sampai adonan kalis, diamkan selama 10 menit dengan tutup plastic 😊
  4. Sambil menunggu adonan kulit jadi, kita buat dulu filling atau isiannya iya bu 😊 caranya juga sangat mudah 😊
  5. Campur kacang tanah dan gula pasir, blender atau tumbuk kasar saja 😊. Tambahkan air dan aduk sampai tercampur rata dan dapat dipulung, atau dibulatkan.
  6. Setelah isian jadi, ambil sedikit adonan kulit, beri filling atau isian dan bentuk lonjong seperti sosis solo.  Lakukan sampai adonan habis iya 😊. Kukus dengan api sedang dalam kukusan yang dialasi daun pisang selama 10 menit.
  7. Jika sudah matang angkat perlahan-lahan menggunakan spatula kecil yang sudah diolesi minyak sebelumnya
  8. Tinggal gulingkan dibahan taburan deh, yaitu maizena sangrai.
  9. Sudah deh, tinggal menikmati dengan secangkir the panas 😍, sore santai bersama suami 😍

Gampang dan simple banget kan bund 😊, yuk… ramaikan dapurnya dengan resep mochi atau yangko special di Resep Bu Tania 😊

Nah, sisa tepung ketannya bisa buat kue bolu ketan hitam kukus. Resepnya di bawah ini ya bund.

  1. Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut

Selamat mencoba 🙂

Resep Martabak Manis Mini Spesial yang Cocok Untuk Usaha Jualan-Resepku



Resep Martabak Manis Mini Spesial yang Cocok Untuk Usaha Jualan

Ads by google:

Assalamualaikum :). Yang manis menemani istirahat sore ini, inget yang manis pasti identiknya sama martabak iya :). Kali ini martabak manis mini atau unyil dulu deh 🙂

Ini dia Martabak manis mini kreasi saya. Recook yuk!
Martabak Manis Mini
Alhamdulillah cetakannya bisa terbeli juga, setelah banyak pertimbangan. Mulai dari segi harga, dan kebutuhan. Nah pas kebetulan esok harinya adalah Khaul almarhum bapak, langsung aja beli bersyukurnya dapat harga yang lumayan :).  Sekalian sih buat isi kotak snack nanti 🙂
Snack khas Jogja nih cobain yuk! :
  1. Resep Kue Piyangko khas Jogja ala Bu Tania – Baru!!
Sebenarnya juga udah lama banget pingin bikin martabak manis mini, iya cuman karena di rumah dulu nda ada cetakan jadinya apa daya, hehehe. Kalau sekarang iya nda boleh ada kata malas, cetakannya tinggal ambil di lemari.
Nah untuk martabak mini ini, resepnya simple banget kok siapa aja bakalan langsung bisa. Kakak ipar aja yang suka ogah-ogahan bikin kue sekalinya dikasih resep ini langsung deh bikin terus.
Katanya bahan yang dibutuhkan murah, simple hasil jadinya banyak :). Tapi memang iya si, 1 adonan bisa jadi kurang lebih 22 biji lumayan lho yang mau bikin usaha :). Yang terpenting selain bahan, kita juga harus tau tipsnya iya 🙂 supaya hasilnya tidak mengecewakan, justru malah bikin kita ketagihan membuatnya lagi 🙂

Resep Martabak Manis Mini atau Unyil

Bahan yang digunakan :
  • 250 gram terigu serbaguna/ Protein sedang
  • 50 gram gula pasir
  • ¼  sdt baking powder
  • ¼  sdt garam
  • 300 ml susu cair
  • 3 butir telur
  • 30 gr gula
  • ½ sdt fermipan/ragi instan
  • ¼ sdt baking powder
  • 50 gr mentega dicairkan
Ads by google:
Olesan / Taburan di atasnya:
  • Mentega
  • Gula pasir
  • Susu kental manis
  • Keju parut
  • Meises cokelat
  • Meises warna
Sedikit Tipsnya Bund dari Saya 🙂 :
  1. Pada cara pembuatannya, penulisan gula dan baking powder 2 kali, bukan karena salah ketik ya, tapi memang saat memasukkan ke adonan dalam waktu yg berbeda.
  2. Saat memanggang kita gunakan api kecil saja, supaya kuenya bisa matang merata
  3. Cetakan dioles mentega tipis saja, kalau terlalu tebal adonan nanti tidak akan menempel di cetakan, alhasil bantat dengan sukses. Karena cetakan saya jenis anti lengket, jadi gak pakai mentega lagi sebagai olesan, soalnya di adonan kan juga sudah dimasukkan mentega cair.
Cara Membuat Martabak Mini :
  1. Pertama kita campur jadi satu terigu, gula, baking powder, dan garam.
  2. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whikser.
  3. Setelah tercampur rata masukkan fermipan dan istirahatkan selama 30 menit Bund.
  4. Di tempat lain kocok telur dan gula (kocok lepas aja pakai garpu) kemudian masukkan ke dalam adonan yg sudah diistirahatkan selama 30 menit.
  5. Terakhir masukkan mentega cair dan baking powder.
  6. Panaskan cetakan, ambil adonan 1 sendok sayur tuang ke dalam cetakan, biarkan sampai adonan mengembang dan berlubang, taburi dengan gula kemudian tutup hingga matang.
  7. Angkat martabak dari cetakan dan beri olesan butter, kemudian beri susu kental manis dan keju atau meises atau topping sesuai selera sebagai taburan.
Bunda mau tau hasilnya? Jangan ragu rasanya secantik gambar lho :). Jadi favorit keponakan, suami, bahkan mamah yang bukan pecinta kue lho :). 
Cantiknya sebuah martabak itu ketika martabaknya bersarang dengan cantik, dan meski sudah sampai siang (buat pagi untuk sarapan) masih enak dan empuk. Patut dicatat dan dicoba di rumah deh 🙂
Selamat mencoba :).
Coba juga resep recook dan kreasi saya di bawah ini ya 😉
  1. Resep Brownies Kukus Praktis dengan Layer di Tengahnya – Baru!!
  2. Resep Pizza Sosis Ekonomis ala Bu Tania – Baru!!

Resep Es Fruit Cocktail Segar dan Sederhana-ResepKu


Resep Es Fruit Cocktail Segar dan Sederhana

Resep Es Fruit Cocktail Segar dan Sederhana

Resep Es Fruit Cocktail – Buah-buahan memang sangat enak dan enak. Tak cuma itu saja buah juga kaya akan manfaat dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah karena itulah tak heran jika buah kerap dikonsumsi. Bisa secara langsung ataupun diolah menjadi kuliner lain. Ngomongin buah adalah salah satu olahan buah yang enak dan pastinya sudah pada tahu yakni es fruit cocktail.

Baca Juga : Resep Es Selendang Mayang Asli Betawi

Es fruit cocktail sudah begitu terkenal bahkan bisa dikatakan telah mendunia. Minuman dingin ini dibuat dari beraneka macam buah. Sehingga selain warnanya jadi menarik dan berwarna warni, rasanya juga unik dan kaya rasa. Untuk buah yang digunakan bisa apa saja, bisa sesuai dengan keinginan juga boleh saja.

Namun untuk es fruit cocktail yang sederhana, biasanya terdiri dari buah-buahan yang mudah didapatkan. Misalnya buah nanas, buah melon, buah mangga dan lain-lain. Minuman ini sangat menyegarkan serta juga mengenyangkan. Cocok sekali kalau diminum saat cuaca sedang panas. Bisa dapat segar dan juga sehat kalau minum minuman dingin ini.

Resep Es Fruit Cocktail
Ilustrasi Es Fruit Cocktail

Minuman dingin ini sangat disukai oleh anak-anak. Jadi bagi para bunda minuman ini bisa dijadikan sebuah pilihan untuk buah hati mereka. Es fruit cocktail ini bisa dijadikan pendamping lagi saat santai dan bercakap cakap dengan teman ataupun sahabat. Juga bisa jadi sajian saat bercengkrama bersama dengan keluarga.

Baca Juga : Resep Es Air Mata Kucing Segar Khas Malaysia

Meskipun namanya kebarat-baratan, es fruit cocktail mudah untuk dibuat. Jadi meskipun kita orang indonesia masih dapat membuatnya kok. Baiklah bagi kalian khususnya para bunda yang mau bikin ini minuman dingin, berikut informasi mengenai resep dan cara membuat es fruit cocktail yang segar dan enak.

Resep Es Fruit Cocktail

Bahan utama:

  • 200 gram buah melon
  • 200 gram buah strawberry
  • 200 gram buah nanas
  • 200 gram buah mangga
  • 5 lembar daun mint, iris-iris kasar

Bahan kuah :

  • 1/2 liter jus jeruk segar ( botolan )
  • 250 ml soda manis
  • 3 sendok makan madu

Pelengkap :

  • Es batu secukupnya

Cara membuat es fruit cocktail segar :

  1. Pertama-tama, iris-iris semua buah yang sudah dipersiapkan. Iris sesuai selera saja.
  2. Jika sudah, masukkan dalam sebuah wadah ( bisa gelas ataupun mangkuk ) lalu taburi dengan irisan daun mint.
  3. Tuangkan jus jeruk, soda manis dan juga madu. Aduk-aduk supaya merata. Tambahkan es batu secukupnya.
  4. Es fruit cocktail yang segar dan sederhana pun siap untuk dinikmati.

Cara Membuat Kopi Hijau Sendiri di Rumah-ResepKu


Cara Membuat Kopi Hijau Sendiri di Rumah

Cara Membuat Kopi Hijau Sendiri di Rumah

Resep Kopi Hijau – Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer di indonesia. Rasanya minuman ini akrab sekali dengan masyarakat indonesia. Bahkan bisa dikatakan minuman ini tak bisa pisah dengan kehidupan orang indonesia. Sebagai minuman kopi sangat mudahnya bisa kita jumpai. Di warung-warung kecil pinggir jalan hingga pertokoan bahkan supermarket besar banyak yang menjual kopi ini.

Bicara mengenai kopi, tahukah kalian jika ternyata kopi itu tak cuma warna hitam saja seperti yang sering kita lihat. Ada juga yang warnanya itu hijau. Ya kopi hijau, kopi ini saat ini bisa dikatakan lagi booming sekali. Kopi ini sebenarnya merupakan biji kopi muda yang mana tidak melalui proses pemanggangan, jadi warnanya masih original yakni hijau. Kalau yang warna hitam itu kan melalui proses pemanggangan.

Baca Juga : Resep Wedang Bandrek Susu Hangat dan Nikmat

Kalau dibandingkan dengan kopi hitam, kopi hijau ini bisa dikatakan lebih menyehatkan. Soalnya ya tadi, jenis kopi ini tak melalui tahap pemanggangan ( roasted ) jadinya senyawa yang ada masih benar-benar utuh dan juga alami. Sedangkan kalau yang kopi hitam senyawanya itu banyak hilang karena proses pemanggangan.

Gambar Resep Kopi Hijau
Ilustrasi Kopi Hijau

 Senyawa yang terkandung dalam kopi salah satunya adalah Chlorogenic Acid. Senyawa ini sangat baik sekali bagi tubuh. Manfaatnya sendiri meliputi bisa membakar lemak, lalu bisa meningkatkan pembentukan energi dalam tubuh dan bisa juga untuk mengatasi kolesterol. Di kopi hijau karena masih alami tanpa roasted memiliki kandungan Chlorogenic Acid yang sangat tinggi. Bahkan kalau dibandingkan sama kopi hitam hingga 3 x lipatnya kawan.

Karena punya kandungan Chlorogenic Acid yang sangat tinggi inilah , maka kopi hijau kerap dikonsumsi. Selain buat menjaga kesehatan tubuh, minum kopi hijau ini juga dipakai untuk menurunkan berat badan karena bisa membakar lemak secara alami. Tak lagi perlu repot menahan lapar ataupun olahraga keras, dengan minum kopi hijau ini berat badan bisa diturunkan dengan lancar dan menyenangkan.

Baca Juga : Resep Wedang Uwuh Enak Khas Yogyakarta

Bagi mereka yang ingin mengkonsumsi kopi hijau ini, kita bisa membelinya di toko atau supermarket yang menjual kopi jenis ini. Usahakan untuk membeli kopi hijau yang 100% asli supaya manfaat yang diinginkan bisa dirasakan oleh tubuh. Dan hati-hati saja karena terkadang ada juga kopi hijau yang tidak 100% asli.

Biasanya sih kalau kita beli itu sudah berbentuk bubuk jadi kita tinggal menyeduh dan meminumnya saja. Kalau mau tahu bagaimana resep dan cara membuat alias menyeduh kopi hijau ini berikut informasinya.

Resep Kopi Hijau

Bahan-bahan:

  • 150 ml air panas
  • 2 sendok makan kopi hijau bubuk ( Green Coffee Bean Extract )
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  • Gula pasir secukupnya / sesuai selera ( opsional ). Kalau tujuannya untuk diet sebaiknya tak perlu menggunakannya.
  • Creamer secukupnya / sesuai selera ( opsional ). Kalau tujuannya untuk diet sebaiknya tak perlu menggunakannya.

Cara membuat kopi hijau sendiri di rumah:

  1. Langkah pertama masukkan air panas kedalam cangkir ataupun gelas. 
  2. Kemudian tambahkan kopi hijau beserta kayu manis bubuk. Aduk-aduk dan sudah siap dikonsumsi kalau tujuannya itu buat diet.
  3. Nah kalau buat minum biasanya, bisa tambahkan gula pasir dan juga creamer secukupnya.
  4. Aduk-aduk lagi siap deh kopi hijau. Minum selagi hangat biar tambah nikmat.

Jika bermaksud membuat kopi hijau ini untuk diet, seperti yang sudah tertulis di resep kopi hijau tadi sebaiknya tak perlu memakai gula pasir dan juga creamer. Hal ini supaya hasilnya bisa maksimal. Nah kalau cuma buat konsumsi biasanya ditambah gula pasir dan creamer boleh-boleh saja. Apalagi memang membuat rasa kopi hijau ini makin segar dan nikmat. Sampai jumpa lagi di artikel resep di blog buletinresep ini.

Resep Puding Puyo Lava Coklat Enak-ResepKu


Resep Puding Puyo Lava Coklat Enak

Resep Puding Puyo Lava Coklat Enak

Resep Puding Puyo Lava – Puding memang merupakan yang populer dan disukai oleh banyak orang. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang enak memang mampu membuat siapapun yang pernah mencicipinya menjadi menjadi senang dan bisa dikatakn ketagihan. Puding sendiri bisa saja dinikmati kapanpun dan terkadang kuliner ini kerap menjadi hidangan penutup saat acara makan besar di restoran.

Diantara jenis puding ada yang begitu dikenal di indonesia, namanya adalah puding puyo lava coklat. Kuliner satu ini adalah variasi kreatif dari puding modern masa kini. Selain puding puyo lava ada juga variasi puding lainnya seperti puding puyo green tea, puding puyo coklat, red velvet, ncc dan lain-lain. Semuanya enak dan juga manis.

Baca Juga : Resep Puding Telor Ceplok Enak dan Kenyal

Puding ini kalau diberikan anak kecil pastinya akan sangat suka. Enak sekali soalnya. Ya kalau para bunda buat sendiri hitung-hitung supaya mereka tak jajan sembaranagan. Tak cuma anak kecil, orang dewasa juga suka sama puding puyo lava coklat ini.

Resep Puding Puyo Lava
Puding Puyo Lava

Puding puyo lava coklat sebenarnya tak jauh beda dengan puding lainnya, namun yang istimewa adalah rasanya sangatlah enak, manis serta begitu lembut saat masuk kemulut. Puding satu ini terbilang mudah dalam pembuatannya. Hanya saja memang bahan-bahan yang digunakan kebanyakan itu harus beli.

Membuat puding puyo coklat bisa dilakukan oleh semua orang. Karena cara buatnya itu sendiri sangat sederhana dan mudah. Cuma butuh kesabaran karena waktu membuatnya terbilang cukup lama juga. Baiklah kalau kalian ingin membuat puding ini berikut resep dan cara membuatnya khusus buat kalian.

Resep Puding Puyo Lava

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus nutrijel rasa coklat ( 10 gram )
  • 1 liter susu cair UHT Full Cream
  • 100 gram gula pasir ( sesuai selera  saja)
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 1 bungkus Vla instan ( MyVla Nutrijell 60 gram ), campurkan dengan 250 ml air panas.

Peralatan penting:

  • Panci
  • Sendok
  • Kompor
  • Gelas Puding ukuran kecil

 Cara membuat puding puyo lava coklat enak dan lezat:

  1. Pertama-tama, ambil panci. Kemudian masukkan bubuk nutrijel coklat dan juga tepung maizena. Setelah itu tuangkan sedikit susu cair dan aduk-aduk supaya tercampur rata dan tak menggumpal. Tuang kembali sisa susu cair UHT full cream dan tambahkan juga gula pasir.
  2. Kemudian masak di atas kompor dengan api sedang sambil di aduk-aduk terus secara perlahan sampai mendidih. Jika sudah matikan api. Diamkan sebentar.
  3. Setelah agak dingin dan uapnya menghilang, tuangkan adonan puding ke dalam gelas puding ukuran kecil yang sudah disiapkan. Tuangkan sampai setengah saja, lakukan sampai semua gelas terisi.
  4. Kemudian biarkan saja sampai dingin. Kalau mau cepat bisa masukkan ke lemari es  / kulkas. 
  5. Setelah agak mengeras, ambil atau keluarkan dari lemari es. Lalu tuangkan 1 sampai 2 sendok makan vla instan nutrijell diatas puding.
  6. Tuangkan kembali sisa adonan puding di dalam panci ke gelas puding tadi sampai penuh. Dan dinginkan.
  7. Jika ternyata adonan puding di panci mengeras karena terlalu lama menunggu, kalian bisa mencairkannya lagi dengan memanaskannya di atas kompor.
  8. Kalau puding sudah penuh, tinggal ditunggu biar dingin, bisa juga masukkan kembali kedalam lemari es.
  9. Nikmati puding puyo lava coklat selagi dingin.

Demikian informasi mengenai resep dan cara membuat puding puyo lava coklat yang enak yang man bisa dibuat sendiri dirumah. Kalau misalkan tak ingin dimakan dulu, bisa disimpan di dalam kulkas dan bisa tahan selama beberapa hari. Puding ini sangat nikmat selagi kalau disantap saat dingin. Baiklah terima kasih sudah berkunjung ke blog buletinresep ini dan jangan lupa terus baca resep masakan lainnya disini.

Resep Membuat Klepon isi Gula Merah Lengkap dengan Tips Anti Gagalnya!-Resepku



Resep Membuat Klepon isi Gula Merah Lengkap dengan Tips Anti Gagalnya!

Ads by google:

Menghidangkan jajanan tradisonal lagi yuk bund 😊, biar makin semangat bikinnya yang gampang-gampang aja deh. Kayak si kue cantik yang berwarna hijau, Klepon 😊

Sebenarnya pernah sekali sih bikin si kue isian gula ini, tapi karena kurang beruntung dan terburu-buru jadinya gagal deh, eh bukan gagal ding tapi belum berhasil.  Semua memang butuh proses iya, nda mungkin gitu aja langsung bisa, malah dengan belum berhasilnya dan suatu ketika kita sudah berhasil bisa dijadikan pengalaman iya bu 😊

Klepon isi Gula Merah

Sempet sih kemarin karena belum berhasil down juga, tapi karena melihat temen yang bisa membuat dan upload gambar klepon di salah satu media sosial, saya pun makin punya greget pengen banget buat. Apalagi itu yang buat sahabat saya, kesempatan deh minta tipsnya juga 😊

Och iya.. dari tadi kok ngomong mulu iya, kira-kira udah tau belum apa itu kue klepon? Jika ada yang belum tau sedikit informasi iya tentang si kue yang khas Indonesia benget ini, mungkin beda daerah beda nama gitu.

Kue Klepon terbuat dari campuran air atau santan dan tepung beras ketan bun, yang diisi dengan irisan gula merah lalu direbus untuk menghasilkan tekstur yang kenyal. Kemudian klepon yang telah matang digelindingkan diatas parutan kelapa, sehingga kuenya terbalut parutan kelapa.

Dari segi penampilan, jajanan ini sangatlah menarik lho dan yang paling penting sangat lembut untuk dimakan bund. Pada umumnya sih kue klepon berwarna hijau iya, namun terkadang untuk mempercantik warna, bisa diganti warna yang lain kok, sesuai selera aja gitu 😃. Kalau warna cantik kan biasanya makannya makin lahap, hehehe.

Oke deh bund yang mau resepnya jangan khawatir, dengan senang hati saya akan berbagi deh. Semuanya ada dibawah ini iya 😊, ingat bunda baca dengan teliti supaya tidak mengalami hal seperti saya pas percobaan pertama 😀

Resep klepon isi gula merah

Bahan yang dibutuhkan :

  • 250 gr tepung ketan
  • 50 gram tepung beras
  • 4 sdm santan
  • 130 ml air putih matang ( ini dikira-kira aja bund, pokoknya pas aja)
  • Beberapa tetes pewarna makanan hijau (sesuai selera)
  • 120 gr gula merah, sisir halus
  • 2 lembar daun pandan, potong-potong
  • 200 gr kelapa parut (secukupnya)
  • Air secukupnya untuk merebus
  • Garam secukupnya, untuk adonan dan parutan kelapa
ads by google:

Setelah baca-baca ternyata bahannya gampang dijumpai kan??

Sedikit Tipsnya bund :

  • Pilihlah tepung ketan yang masih bagus, tidak berbau apek.
  • Kelapa yang akan diparut sebaiknya kulit yang berwarna cokelat dikupas terlebih dahulu supaya hasil parutannya putih. Kalau bikinnya banyak, lebih baik kelapa parutnya dikukus dulu iya bund, biar nda basi
  • Isian gula merahnya juga diiris terlebih dahulu iya bund, supaya gampang leleh saat direbus.
  • Saat memberi isian gula merah, bunda atur iya jangan sampai gula tampak dari luar adonan, karena akan membuat adonan berlubang kala direbus.
  • Setelah air mendidih, baru kita buat bulatan klepon iya bund, supaya tidak menempel satu sama lain.

Baca juga:

  1. Resep Kue Cucur Gula Merah
  2. Resep Kue Dadar Gulung PisCok

Cara membuat klepon :

  1. Ambil sebuah wadah, campurkan tepung ketan, tepung beras, pewarna makanan dan garam. Aduk-aduk sampai rata, lalu tuang santan dan air perlahan, aduk hingga merata dan adonan menjadi kalis.
  2. Rebus air dan masukkan daun pandan hingga mendidih.
  3. Ambil sedikit adonan lalu pipihkan di telapak tangan dan beri isian dengan gula merah, rapatkan hingga menutupi gula merah.
  4. Masukkan adonan klepon yang telah dicetak ke dalam air mendidih. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.
  5. Tunggu adonan hingga mengapung, jika klepon tidak kunjung mengapung, aduk perlahan dengan spatula iya bund. Kadang nempel di dasar panci.
  6. sembari menunggu klepon mengapung bunda bisa mengukus kelapa yang telah diparut selama 5 menit, lalu tambahkan garam dan aduk hingga merata.
  7. jika sudah mengapung, ambil klepon menggunakan saringan kawat, gelindingkan diparutan kelapa yang telah diaduk bersama garam, hingga permukaan klepon tertutup dengan parutan kelapa.

Setelah baca-baca caranya mudah kan bund? Kalau masih ada yang bilang bikin klepon dengan isian gula merah itu sulit, hmm mungkin kesulitannya ada pada rasanya, yaitu sangat sulit untuk dilupakan setiap gigitannya, iya kan? Hehehe

Oke deh bund, selamat berkarya, semoga selalu mau belajar resep baru yang ada di Resep Bu Tania 😊

Cerita Sedih Sekaligus Bahagia. Dari Kehamilan BO hingga Produksi Cookies Lebaran 2017-Resepku



Cerita Sedih Sekaligus Bahagia. Dari Kehamilan BO hingga Produksi Cookies Lebaran 2017

Ads by google:

Assalamualaikum Bunda 😃

Sebelum cerita panjang kali lebar sama dengan luas, saya mau ngucapin Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H dulu iya, Minal ‘Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin. Maaf segala kesalahan yang disengaja maupun ngga disengaja saat membagikan resep dapur mungil saya 😀

Selamat Hari Raya Bunda 🙂

Waktu berlalu begitu cepatnya, perasaan baru bulan lalu deh lebarannya, ini kok udah lebaran lagii :D. Tapi tetap bersyukur masih bisa merasakan nikmatnya bulan Ramadhan Tahun ini, dan bisa merayakan lebaran dengan keluarga besar. Lebih ramenya karena tahun ini sudah punya mertua, hehehe.

Lebaran pertama yang tadinya seharian di rumah, karena mamah anak tertua jadi saudara-saudara main. Kalau lebaran kali ini, setelah sungkem sama mamah langsung ke rumah mertua, iya orang tuanya sekarang dobel, hehehe

Lalu bagaimana Ramadhan Bunda tahun ini? Kalau saya mendapatkan berkah yang amat luar biasa. Subhanallah tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Ada rasa senang, sedih, juga kecewa. Bahagianya adalah Ramadhan tahun ini saya sudah berbadan dua, iya sedang mengandung buah hati tercinta. Usia kehamilan saat itu 12 minggu.

Janin Usia 12 Minggu

Sedikit cerita, apa panjang cerita iya bunda? Hehehe panjang cerita sepertinya

Sore hari sebelum puasa, saya masih debat dengan suami, antara puasa atau tidak puasa. Suami menyarankan saya untuk tidak berpuasa, karena saat ini janin butuh nutrisi yang banyak dan saat itu juga saya mengeluarkan flek . Tapi saya kekeh ingin berpuasa dengan alasan saya sanggup menjalankannya. Akhirnya suamipun mengiyakan.

Dengan catatan besok harus control, meskipun jadwal control masih 2 minggu lagi. Maklum anak pertama, jadi apa-apa super Protektif. Pagi harinya saya bersama suami pergi ke dokter sesuai dengan jadwal reservasi kemarin sore. Namun sayang dokter baru saja pergi karena harus ada tindakan Operasi Caesar di rumah sakit lain. Kami pun menunggu dengan cemas, takut terjadi apa-apa dengan kandungan saya.

Setelah 2 jam menunggu tibalah giliran saya, saya mulai diusg. Namun hasil usg perut tidak menunjukan hasil yang positif, hingga akhirnya dokter melakukan usg transvaginal. Malu? Iya.. Agak sedikit sakit, berharap hasilnya jauh lebih baik. Namun tak beda dengan hasil usg perut.

Saya didiagnosa BO (Blighted Ovum) yang artinya kantung kosong, iya saat itu pula air mata ini tak berhenti menetes. Seakan tersambar petir yang amat luar biasa. Kehamilan yang kami jaga, hasil buah Cinta kami tidak bisa berkembang dengan baik.

Sedih, hancur dan juga kecewa, kami harus mencoba ikhlas karena Allah berkehendak lain. Dokter menyarankan saya untuk segera melakukan kiret, dibuatlah rujukan ke rumah sakit. Namun kami masih selalu berharap ada keajaiban di esok hari.

Kami juga perlu waktu untuk menjelaskan ke orang tua, bagaimanapun mereka juga harus tau. Malam harinya saya memutuskan untuk menyendiri dulu, menangis tiada henti. Menyesali apa yang terjadi, kecewa dan selalu bertanya apa salahku,? Namun ini adalah cobaan. Iya cobaan.

Dan sampai saatnya saya harus memberitahu mamah, dengan berat hati menceritakan apa yang terjadi. Bersyukurnya saya Bunda, saat itu mamah bisa mengerti.

Untuk kebaikan semuanya, suami merelakan saya untuk kiret. Setelah pulang dari rumah sakit, saya diminta istirahat kurang lebih seminggu, jadi kangen ngedapur .

Batin saya selalu bilang, Allah selalu punya rencana untuk setiap hambanya. Dan Allah selalu memberikan kebahagiian setelah kesedihan Bunda :D.

Disaat seperti ini, Alhamdulillah suami selalu memberikan surport, selalu berada disamping saya. Seminggu hanya boleh makan tidur, membuat saya bosan, jenuh. Disaat yang tepat saya merayu suami Bunda, biar diizinkan ngedapur lagi.

Apalagi bertepatan dengan bulan Ramadhan iya,, heheh. Jualan cookies cocok sepertinya 😀

Pertama bilang, ngga diizinin, diminta istirahat dulu. Bukan saya dong kalua ngga bisa ngerayu suami, heheh. Sampai akhirnya diizinkan tapi dengan catatan, kuota ordeannya dikurangin iya, ngga boleh seperti tahun kemarin.

Yeyyy…bahagianya saya itu kalua diizinkan buat cookies lagi gini 😀

Kue Kering Karya Bu Tania Lebaran 2017

Tahun ini baru bisa bikin 7 varian cookies. Diantaranya nastar gulung, dahlia, wafer cookies, kastangel, Snoopy cookies, peanut choco cookies, dan Thumprint cookies.

Peanut Choco Cookeis

Wafer Cookies

Snoopy Cookies, varian baru

Kastengel Bunga

Kue Kacang

Nastar Gulung

Thumprint Cookies

Alhamdulilah snoopy cookies adalah varian baru kue kering jualan saya, tapi peminatnya sungguh luar biasa loo 😀

Orderan yang tadinya sudah dibatasi malah melebihi batas, sampai nolak juga karena memang kondisi badan yang tidak memungkinkan.

Mungkin ini salah satu rencana indah Allah, dan Allah akan segera mengembalikan apa yang telah diambil 😭

Alhamdulillah teramat luar biasa bersyukur Bunda, Meski dalam keadaan sedih masih bisa berkarya di bulan Ramadhan tahun ini.

Minta doanya selalu iya bunda, semoga setelah 3 bulan nanti segera Allah kirim pengganti di dalam Rahim saya 😀

Selalu semangat untuk memasak iya Bunda, terutama untuk keluarga tercinta 😄

Contoh Kue Ulang Tahun Doraemon Motif Princess Pesenan Bunda Dita-Resepku



Contoh Kue Ulang Tahun Doraemon Motif Princess Pesenan Bunda Dita

Ads by google:
Kue Ulang Tahun Doraemon Untuk Cewek
Kue Ulang Tahun Doraemon by Bu Tania

Selamat malam Bunda 😊. Alhamdulillah akhirnya bisa ngelurusin badan juga 😫 hehehe efek habis bersih-bersih rumah setelah beberapa hari ngga di dapur 😏

Nyuci loyang yang menyita banyak banyak waktu 😯 ngga kotor sih Bund 😃 cuman mau dibersihin lagi dan disimpan ke tempat yang baru 😄. Biar lebih mudah aja saat membutuhkannya kalau dijadiin satu gitu 😊 jadi ngga kececeran kemana-mana.

Alhamdulillah koleksi dapurnya makin nambah 😊 loyang ada beberapa yang baru, intinya tetap bersyukur sama pemberi Rejeki iya Bund 😊

Bersyukur lagi kemarin pas diajak ke rumah sakit nungguin Mba ipar yang lahiran suami ngajakin ke toko swalayan, dibeliin cetakan kue tart, pisau pizza, cetakan kue. Duuh Alhamdulillah senengnya luar biasa deh 😘 jadi lupa sama tujuan utama, hahaha.

Setelah seminggu ngga ada kegiatan ngedapur Allah memberi rejeki yang ngga terkira 😃. Tiba-tiba ada pesanan cake ulang tahun buat esok harinya 😊. Duuh Alhamdulillah bangett judulnya 😊

Bisa tambah semangat menghasilkan karya baru 😊. Lebih tertantang aja gitu Bund kalau si pemesan request bentuk maupun hiasan 🙂 jadi kan kita punya planning mau seperti apa hiasannya nanti.

Nahh sesi kali ini pertama orangnya mah pasrah, mau dibuatin apa gitu yang penting cake ulang tahun buat cewek.

Udahh ngebayangin kan bakal hikin princes ala-ala gitu, eh bagian samping sudah selesai tinggal bagian atas aja yang dihias, si pemesan bilang yang atas bikin model doraemon aja 🙂

Hehehe jadilah ini dia princes doraemon kali iya nama yang cocok :). Konfirmasi ke orangnya katanya ngga papa kok, yang penting rasanya enak lembut 🙂

Alhamdulillah cakenya cocok Bunda :). Jadi tambah semangatt kan :). Selamat malam

Resep Tahu Balado Maknyus-Resepku



Resep Tahu Balado Maknyus

Ads by google:

Selamat sore Bunda 😀

Sore hari apa sih yang biasa bunda lakukan setiap harinya? Kalau saya seringnya nonton tv sembari mencari menu baru untuk esok hari :D. iyaah seengaknya satu dua menu yang lewat bisa jadi referensi meskipun ketinggalan resepnya kan masih bisa nyari di internet iya J . Hari ini nemu resep Tahu Balado 😀

Resep Tahu balado maknyus ala bu Tania
Tahu Balado

Atau bisa juga si nyari di fanspage resep masakan, seperti fanspage Butania.com misalnya 😀 hehehe. Hari ini alhamdulillah sekali bisa langsung eksekusi Tahu Balado Bunda. Kebetulan kemarin dari pasar udah beli tahu, niatnya si mau dibikin Tahu susur. Eh tiba-tiba berubah haluan.

Ngga papa sih malah bisa buat lauk kan, bahannya sederhana banget kok Bund, cuman tahu, cabai, garam, gula, terasi, bawang merah, tomat aja gitu. Alhamdulillah setelah jadi masakan orang rumah pada seneng semua. Laris manis daganganku.

Siapa yang ngga ngiler si Bund? Masakan ekonomis tapi bisa menghabiskan nasi sebakul :D. Berlebihan iya kedengarannya? Hahaha. Iya udah deh daripada makin bikin ngiler ..Yukk mari resepnya langsung aja iya Bund 😀

Baca juga : Resep telur crispy kriuk-kriuk

Resep Tahu Balado

Bahan yang digunakan :

  • 10 potong tahu ukuran sedang
  • 4 cabai merah keriting
  • 10 cabai hijau rawit
  • 3 buah bawang merah
  • 1 buah tomat ukurang sedang
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Terasi secukupnya
ads by google:

Bumbu celupan tahu :

  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis

Cara membuat Tahu Balado :

  1. Pertama kita potong dadu tahunya dulu iya Bund, untuk ukuran sesuai selera aja.
  2. Haluskan bumbu pencelup tahu, beri sedikit air. Tuang bumbu ke dalam mangkok yang berisi tahu yang sudah dipotong dadu tadi. Diamkan sebentar agar bumbunya meresap.
  3. Rebus atau bisa dikukus iya bund Cabai, bawang merah, tomatnya juga iya bund.
  4. Sambil menunggu Bumbu yang dikukus, kita goring dulu iya bund tahunya dengan api sedang hingga kuning kecoklatan, lakukan sampai habis. Sisihkan
  5. Kita ambil bumbu yang sudah dikukus tadi, haluskan menggunakan ulekan saja iya Bund supaya rasanya penuh dengan Cinta :D, jangan lupa tambahkan gula, garam, dan terasi iya Bund 😀
  6. Setelah halus, saatnya kita tumis Bumbu baldonya tdi iya. Masukkan tahu yang sudah di goring.
  7. Aduk sebentar deh, icip rasa kalau sudah pas rasanya, tinggal matikan kompor deh 😀
  8. Sajikan.

Nyam..nyam.. di suasana yang masih hujan tahu balado ini jempolan deh pokoknya, apalagi kalau hujan gini pasti bawaanya laper kan :D. Mari mencoba Bund, dijamin pasti bakalan nagih deh rasanya 😀

Selamat mencoba resepnya :). Yuk cobain juga :

  1. Resep Martabak Manis Mini Spesial yang Cocok Untuk Usaha Jualan

Resep Tahu Telur Puyuh Balado Gurih dan Mantap-Resepku



Resep Tahu Telur Puyuh Balado Gurih dan Mantap

Ads by google:
Resep tahu telur puyuh balado -butania.com-
Tahu telur puyuh balado

Selamat pagi Bunda 😀

Pagi ini bangunnya agak pagian dari biasanya, lagi pingin menghirup udara pagi yang begitu sejuk. Sembari menyiapkan sarapan untuk pagi hari, bersenandu dengan music alami, suara burung berkicauan. Hari ini menu sarapannya Tahu telur Balado 😀

Karena pagi hari itu gampang-gampang susah lauknya, paling enak itu tumisan, sambal terasi hehehe. Jadi iya dimodifin aja kayak motor 😀 tahu yang diorek pakai telur gitu aja dibikin aja Tahu telur puyuh balado 😊

Untuk bahan yang akan digunakan mudah banget kok Bund, hampir mirip dengan tahu balado yang pernah saya bikin. Resepnya klik di sini 😋

Yess.. daripada lama-lama iyaa langsung yuuk Bund kita intip resepnya 😀

Baca juga : Resep Tahu Kribo Gurih

Resep Tahu Telur Puyuh Balado

Bahan yang digunakan :

  • 15 butir telur puyuh, kupas
  • 10 potong tahu ukuran sedang
  • 4 cabai merah keriting
  • 10 cabai hijau rawit
  • 3 buah bawang merah
  • 1 buah tomat ukurang sedang
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Terasi secukupnya
ads by google:
Bumbu celupan tahu :

  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis

Cara membuat Tahu Balado :

  1. Pertama kita potong dadu tahunya dulu iya Bund, untuk ukuran sesuai selera aja.
  2. Haluskan bumbu pencelup tahu, beri sedikit air. Tuang bumbu ke dalam mangkok yang berisi tahu yang sudah dipotong dadu tadi. Diamkan sebentar agar bumbunya meresap.
  3. Rebus atau bisa dikukus iya bund Cabai, bawang merah, tomatnya juga iya bund.
  4. Sambil menunggu Bumbu yang dikukus, kita goreng dulu iya bund tahunya dengan api sedang hingga kuning kecoklatan, lakukan sampai habis. Sisihkan
  5. Kita ambil bumbu yang sudah dikukus tadi, haluskan menggunakan ulekan saja iya Bund supaya rasanya penuh dengan Cinta 😆, jangan lupa tambahkan gula, garam, dan terasi iya Bund 😀
  6. Setelah halus, saatnya kita tumis Bumbu baladonya tadi iya. Masukkan tahu yang sudah di goreng, telur puyuhnya jga iya 😄
  7. Aduk sebentar deh, icip rasa kalau sudah pas rasanya, tinggal matikan kompor deh 😜
  8. Sajikan.

Siapa yang ngga mau nyoba resep tahu telur puyuh balado? hayoo ngaku yang pingin bikin sekarang 😊 hehehe jangan lupa iya Bund 😉 Masaknya harus pakai Cinta, sayang biar rasanya makin plus-plus 😚

Selamat mencoba 😊 Yuk cobain juga resep martabak telur sederhana.

Resep Asinan Sayur Betawi Bumbu Kacang Enak-ResepKu


Resep Asinan Sayur Betawi Bumbu Kacang Enak

Resep Asinan Sayur Betawi Bumbu Kacang Enak

Resep Asinan Sayur –  Selain asinan buah, asinan sayur merupakan bogor beda satu an asinan yang disukai oleh orang indonesia. Asinan satu ini bisa dengan mudah kita temukan, apalagi kalau kita pergi ke kota besar setidaknya pasti ada satu penjual yang menjajakan makanan ini. Namun diantara kota yang ada, yang paling terkenal punya asinan sayur paling enak dan lezat adalah di kota jakarta. Ya meskipun di kota lain ada asinan yang juga terkenal yakni asinan bogor. Namun yang dibogor cenderung asian buah.

Baca Juga : Resep Acar Timun

Kalau di kota jakarta, namanya itu asinan betawi karena memang resepnya dari betawi asli. Jadi jangan heran kalau saat menikmati asinan ini rasanya identik dengan lidah orang betawi.Tapi tak mengapa karena tetap enak dan cocok juga dengan lidah lain daerah. Asinan sayur itu bagi yang belum tahu, itu dibuat dengan berbagai macam sayuran. Namun yang terpenting sayurannya itu masih fresh dan segar supaya rasa yang dihasilkan nanti benar benar enak dan juga nikmat.

Resep Asinan Sayur
Asinan Sayur

Sayuran yang digunakan diantaranya itu ada kol, tauge, mentimun dan lainnya. Bahkan ada juga daun selada yang membuat rasanya makin sedap. Dalam membuat asinan sayur, sayuran yang dipakai tak melalui tahap pemasakan alias masih mentah. Jadi dijamin makanan ini sehat serta banyak mengandung kandungan gizi serta mineral yang sangat baik buat tubuh. Tapi perlu diingat karena mentah makananya, maka mencucinya harus benar benar bersih, soalnya kebanyakan sayuran sekarang yang ada banyak mengandung pestisida.

Jangan Lewatkan : Resep Sayur Besan Betawi

Semua sayuran yang disiapkan kemudian dibumbui dengan bumbu khas dengan paduan kacang tanah. Kalau diperhatikan makanan ini agak mirip dengan makanan pecel, namun bedanya pecel itu sayurannya dimasak / direbus dahulu. Sedangkan yang ini masih mentah. Untuk membuat rasanya jadi nikmat. Biasanya asinan sayur ini dimakan bersama dengan kerupuk mie kuning serta taburan kacang tanah.

Kalian kalau mau memakan asinan sayur betawi ini, tak perlu repot perlu berkunjung ke kota jakarta. Karena memang asli dari sana, namun untuk resepnya kini bukan rahasia lagi. Kalau bunda tertarik mau buat sendiri makanan ini dirumah, berikut informasi resep dan cara membuat asinan betawi ini buat bunda semuanya.

Resep Asinan Sayur

Bahan-bahan:

  • 300 gram mentimun, belah menjadi 2 bagian, lalu iris-iris
  • 150 gram tauge / kecambah, buang ekornya
  • 200 gram kol, iris iris tipis
  • 5 lembar daun selada, ppotong potong saja sesuai selera
  • 5 buah tahu kuning yang sebelumnya sudah direbus, potong dadu
  • 100 gram gula merah, sisir halus
  • 2 sendok makan garam dapur
  • Larutan  asam jawa ( 1 sendok makan asam jawa + 100 ml air bersih )
  • 550 ml air bersih

Bumbu halus:

  • 60 gram kacang tanah goreng
  • 6 gram ebi ( udang kecil ) yang sudah direndam dengan air panas sebelumnya
  • 6 buah cabai keriting warna merah
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 3 buah cabai merah ukuran besar
  • 3 siung bawang putih
  • 100 ml air bersih

Bahan pelengkap:

  • Kacang tanah goreng secukupnya
  • Kerupuk mie warna kuning 

Cara membuat asinan sayur bumbu kacang :

  1. Langkah pertama buat bumbu halusnya dengan cara menguleg atau yang lebih praktis memblender semua bumbu yang ada. Sisihkan dahulu.
  2. Siapkan panci rebusan, masukkan air bersih. Tambahkan garam dapur serta gula merah. Aduk-aduk, lalu masak sampai mendidih dengan api sedang. Selanjutnya masukan air asam jawa beserta bumbu halus yang sudah kita buat tadi.
  3. Aduk-aduk dan biarkan saja sampai airnya mendidih kembali. Setelah dirasa matang, angkat.
  4. Siapkan piring saji. Tata semua sayuran mentah serta tahu yang sudah disiapkan. Kemudian siram saja dengan kuah kacang.
  5. Biarkan sejenak hingga bumbunya meresap. Setelah itu taburi atasnya dengan kacang goreng serta kerupuk mie kuning.

Begitulah resep asinan sayur betawi bumbu kacang buat kalian serta bagaimana cara membuatnya yang sederhana. Asinan sayur ini cocok sekali jika dimakan sebagai cemilan atau ketika kita bosan makan dengan makanan yang tersedia dirumah. Jangan lupa baca terus resep masakan lainnya hanya di blog buletinresep.blogspot.com ini.

Resep Bumbu Gado Gado Ulek Enak Ala Jawa Timur-ResepKu


Resep Bumbu Gado Gado Ulek Enak Ala Jawa Timur

Resep Bumbu Gado Gado Ulek Enak Ala Jawa Timur

Resep Bumbu Gado Gado – Gado gado pasti banyak dari kalian yang sudah tahu tentang kuliner satu ini. Makanan ini masuk dalam kuliner tradisional dan merupakan masakan asli indonesia. Makanan ini banyak yang jual, jadi kalau kita mau cari makan ini makanan itu cenderung mudah sekali. Harga per porsinya pun dibanderol dengan harga yang murah dan juga terjangkau sekali.

Gado gado itu mirip dengan masakan pecel. Namun beda dengan bahan dan sayuran yang digunakan. Kalau punya nya gado gado itu cenderung lebih banyak dan beraneka ragam. Rasa makanan ini enak dan cenderung gurih karena pakai banyak macam sayuran. Ngomongin soal enak dan lezatnya gado gado ini, apa kalian tahu apa rahasianya?.

Ya, tepat sekali, itu karena bumbu yang digunakan. Bumbu gado gado berperan sangat penting menentukan rasa dari gado gado itu sendiri. Selain sayuran dan bahan yang mesti fresh dan segar. Bumbu ini lah yang menentukan apakah gado gado itu jadi manis, pedas, asin atau yang lainnya. Namun yang pasti mau sih hasilnya jadi enak dan juga nendang.

Resep Bumbu Gado Gado
Ilustrasi Bumbu Gado Gado

Bumbu gado gado sendiri kalau zaman dulu termasuk rahasia dan cuma diketahui oleh beberapa orang saja. Namun untuk zaman modern seperti sekarang ini, resep bumbu balado sudah bukan rahasia lagi. Banyak orang sudah pada mengetahuinya. Dan karena alasan inilah maka sekarang banyak orang yang kemudian membuka bisnis jualan gado gado.

Untuk membuat bumbu gado gado yang mantap, usahakan bahannya itu bagus karena kalau tak bagus bisa jadi nanti rasanya tak enak seperti yang diharapkan. Kemudian perlu juga diperhatikan alat yang digunakan. Kalau mau sedap pakailah ulek an tradisional untuk menghaluskan bahan untuk bumbu gado gado. Baiklah untuk tahu resep bumbu gado gado serta cara membuatnya, simak saja infonya berikut ini.

Bahan utama:

  • 1/4 kg kacang tanah sangrai, haluskan
  • 1/2 liter santan kelapa
  • 50 gram gula merah, sisir kasar
  • 4 buah cabai merah, haluskan
  • 5 siung bawang putih, haluskan saja
  • 5 lembar daun jeruk purut, cuci pakai air
  • 3 sendok makan air asam jawa
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 1 sendok teh garam dapur

 Cara membuat bumbu gado gado :

  1. Langkah pertama, panaskan minyak sayur. Setelah itu masukkan cabai, bawang putih dan daun jeruk. Tumis sampai harum.
  2. Setelah itu masukkan santan kelapa dan juga kacang tanah. Aduk-aduk dan masak sampai mendidih.
  3. Tambahkan air asam jawa, garam dapur serta gula merah. Masak sampai gula merahnya itu larut. Setelah itu matikan api dan angkat.
  4. Bumbu gado gado pun sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Jangan lupa untuk terus simak artikel resep masakan hanya di http://buletinresep.blogspot.com saja.

Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah-ResepKu


Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah

Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah

Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah

Kolak merupakan salah satu minuman tradisional dari indonesia yang umumnya lebih populer di tanah jawa dan sekitarnya. karena rasanya yang manis, segar dan enak membuat kolat cepat menyebar dan mudah familiar dengan lidah orang-orang baik dari kalangan anak-anak hingga orang tua pun masih menyukai kolak. banyak sekali jenis makanan kolak yang ada saat ini, ada kolak pisang, kolak labu, kolak durian, ada yang unik juga kolak paris dan lainnya yang tentunya setiap kolak memiliki cita rasa yang khas dan berbeda-beda. yang paling di sukai yaitu kolak pisang kolang kaling dan kolak labu namun yang di pelajari hari ini adalah mudahnya membuat kolak pisang sendiri dirumah jadi jenis pisang nya pun harus di tentukan terlebih dulu untuk membuat kolak enak jenis pisang nya adalah pisang tanduk seperti halnya resep cara membuat pisang coklat keju.

Kolak sendiri merupakan salah satu hidangan penutup, ada yang cara penyajiannya dengan air dingin adapula yang hangat. untuk buat kolak sendiri tak terlalu susah seperti yang kalian bayangkan selama ini, cukup dengan memotong pisang kecil dengan perpaduan santan akan membuat kolak semakin enak dan segar. cara membuat dari minuman kolak ini sangat berbeda dengan jenis minuman segar ataupun jus lainnya seperti sop soto durian yang biking ngiler ataupun dengan resep cara membuat jus alpukat spesial dan lezat. biasanya jus seperti itu sangat cocok di hidangkan di waktu santai bersama keluarga namun rasa kolak yang manis nan segar juga tak kalah enaknya di hidangkan di waktu santai, namun umumnya lebih cocok sebagai hidangan penutup, perayaan seperti arisan ataupun biasanya mudah sekali di jumpai sebagai menu berbuka puasa di bulan ramadhan. yuk di coba.

=================
Bahan Kolak Pisang :
=================
500 gram pisang tanduk
250 ml air matang
75 gram kolang kaling
75 gram santan instant / 1 bks
50 gram gula pasir
50 gram gula merah, rebus menggunakan sedikit air
1 lembar daun pandan

========================
Cara Membuat Kolak Pisang :
========================
1. Persiapkan semua bahan yang di perlukan, potong pisang kecil-kecil agak tipis dengan cara melebar, ukuran di sesuaikan selera.
2. Panaskan panci menggunakan api kecil dengan sedikit air kemudian rebus gula merahnya setelah jadi cair masukkan pula gula pasir sambil di aduk-aduk agar tercampur rata dengan gula merah cairnya.
3. Tuangkan air nya dan masukkan potongan pisang tanduk nya ke dalam panci rebusan. masak sampai pisang nampak berubah warnanya.
4. Tambahkan santan istant, kolang kaling, daun pandan ke dalam rebusan sambil di aduk-aduk terus. masak kurang lebih selama 5-7 menit hingga pisang terlihat empuk dan matang.
5. Hidangkan.

Keterangan :
Jika ingin memakannya dengan cara dingin, sebaiknya dinginkan dulu kolaknya agar tak panas kemudian sajikan di mangkuk saji bersamaan dengan es batu ataupun es serut di dalamnya. selamat coba.

Tags :

Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 05.03.00

Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah
4.5/ 5

Oleh

Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak-ResepKu


Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak

Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak

Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak

Jawa Resep, Kue lumpur merupakan penganan ringan yang berbahan dasar dari tepung terigu, kentang, santan dan telur yang diberi taburan kismis di permukaan kue nya sebelum disajikan. Kue lumpur termasuk ke dalam katogori kue basah yang tak tahan lama ketika disimpan. Mengapa kue ini dinamai lumpur? karena kalau di lihat dari segi bentuknya sendiri memang agak sedikit basah dan padat seperti lumpur namun lembut. Kue ini juga merupakan cemilan dan jajanan pasar yang banyak disukai oleh orang-orang indonesia. Di beberapa acara-acara tradisional pasti juga mudah menemukan kue yang enak dan lembut ini, aroma yang harum, tekstur yang lembur dan rasa yang enak membuat kue ini banyak yang menyukainya. Jadi untuk kesempatan hari ini jawa resep akan berbagi cara membuat kue lumbur spesial yang enak dan lembut, dari pada menambah rasa keingintahuan anda langsung saja yu siapkan bahan-bahannya dan ikuti tips dan cara nya di bawah ini.

================
Bahan Kue Lumpur :
================
150 gram tepung serba guna
1/4 kg kentang
1/4 liter santan kental
4 butir telur ( yang di gunakan 4 kuning telur dan 3 putih telurnya )
150 gram gula pasir
150 gram margarin yang sudah di cairkan
40 gram susu bubuk
kismis secukupnya

======================
Cara Membuat Kue Lumpur :
======================
1. Pertama-tama kukus kentang hingga matang, angkat selagi panas dan langsung kupas kulit kentangnya. Setelah itu hancurkan kentang-kentang nya.
2. Siapkan wadah ukuran besar dan masukkan tepung terigu, kentang yang sudah di hancurkan, susu bubuk dan gula pasir ke dalamnya.
3. Selanjutnya aduk-aduk terus menggunakan mixer dengan kecepatan rendah saja hingga adonan tercampur rata.
4. Masukkan kuning dan putih telur nya serta santannya juga. Aduk-aduk lagi hingga rata dan sedikit terlihat mengembang.
5. Tambahkan margarin cair, kali ini matikan mixer dan aduk-aduk menggunakan spatula hingga menyatu rata dan pastikan aduknya sampai ke dasar wadah..agar argarin tidak tertinggal di dasar.
6. Panaskan cetakan kue lumpur terlebih dahulu menggunakan api sedang hingga cetakan benar-benar sudah panas kemudian langsung olesi dengan margarin.
7. Tuangkan adonan ke dalam cetakan, panggang adonan hingga setengah matang setelah itu masukkan dan taburkan kimis di atas kue lumpurnya.
8. Panggang kembali hingga kue lumpur matang. Selanjutnya dinginkan bentar dan hidangkan.

Demikian resep mudah dalam membuat kue lumpur yang sederhana, praktis dan tentunya enak ketika di makan, apakah Anda tertarik membuatnya?

Tags :

Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 21.18.00

Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak
4.5/ 5

Oleh

Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado-ResepKu


Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado

Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado

Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado

Kue lampu-lampu adalah salah satu kuliner yang enak dan termasuk hidangan kue basah yang umumnya biassa di gunakan untuk acara arisan, perayaan adat tradisional dan biasanya juga mudah di temui di sore hari apalagi ketika bulan puasa, sangat cocok di hidangankan untuk menu berbuka puasa. kue lampu sendiri memiliki ciri khas yang unik dan lembut seperti resep kue pukis enak dan lembut. untuk buatnya sangat mudah hampir semua wanita dari manado pasti bisa dan mengenal proses pembuatan kue ini. namun bagi daerah lain yang ingin coba kelezatan dan enaknya kue basah ini tentu bisa buat sendiri di rumah, memang di daerah jawa dan sekitarnya kue yang satu ini belum cukup populer namun di daerah kawasan manado sekitarnya kue lampu-lampu adalah hidangan yang wajib dan pasti ada ketika berbuka puasa.

Proses pembuatannya sebenarnya cukup praktis dan warna hijau yang terdapat pada kue menggunakan air daun suji namun edisi dari jawa resep menggunakan  yang lebih praktis yaitu pasta pandan saja hal ini dapat mempercepat dan mempermudah cara buatnya dan semua bahan dapat di pastikan ada di toko kue terdekat dari rumah anda jadi tak perlu khawatir. rasanya nya maknyus mengalahkan lezatnya cara buat kue cubit lembut dan enak dan resep kue kering coklat kacang. sebenarnya kue lampu-lampu adalah jajanan yang murah meriah dan sangat merakyat harganya yang murah berbeda sekali dengan rasanya walaupun murah rasanya sangat lembut, empuk dan enak. penasaran ingin coba buatnya? ikuti terus proses pembuatan kue lampu edisi dari jawa resep masakan online.

============================
Bahan Kue Lampu-Lampu Manado :
============================
100 gram tepung beras
250 ml santan
2 lembar daun pandan
3 sendok makan gula jawa/merah
1/2 sendok teh garam
pasta pandan secukupnya
wadah takir secukupnya (terbuat dari daun pisang untuk wadah kue dan berbentuks eperti perahu)

==================================
Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Manado :
==================================
1. Persiapkan semua bahan yang di butuhkan setelah itu campur tepung beras bersamaan dengan santan kelapanya. tambahkan sedikit garam aduk hingga merata.
2. Masukkan pasta pandan secukupnya (sesuai selera) aduk kembali sampai rata. langkah berikutnya sisir tipis gula jawa yang sudah di siapkan tadi.
3. Selanjutnya tinggal masukkan sisiran gula jawa, letakan ke dalam wadah takir kemudian masukkan pula adonan campuran tepung di atasnya.
4. Kukus selama 7 menit / setengah matang kemudian tambahkan daun pandan dan kukus kembali sampai matang kurang lebih sekitar 10-15 menit.
5. Setelah matang di dinginkan dahulu dan kue lampu siap di hidangkan.

Tags :

Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 21.18.00

Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado
4.5/ 5

Oleh