Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah-ResepKu


Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah

Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah

Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah

Kolak merupakan salah satu minuman tradisional dari indonesia yang umumnya lebih populer di tanah jawa dan sekitarnya. karena rasanya yang manis, segar dan enak membuat kolat cepat menyebar dan mudah familiar dengan lidah orang-orang baik dari kalangan anak-anak hingga orang tua pun masih menyukai kolak. banyak sekali jenis makanan kolak yang ada saat ini, ada kolak pisang, kolak labu, kolak durian, ada yang unik juga kolak paris dan lainnya yang tentunya setiap kolak memiliki cita rasa yang khas dan berbeda-beda. yang paling di sukai yaitu kolak pisang kolang kaling dan kolak labu namun yang di pelajari hari ini adalah mudahnya membuat kolak pisang sendiri dirumah jadi jenis pisang nya pun harus di tentukan terlebih dulu untuk membuat kolak enak jenis pisang nya adalah pisang tanduk seperti halnya resep cara membuat pisang coklat keju.

Kolak sendiri merupakan salah satu hidangan penutup, ada yang cara penyajiannya dengan air dingin adapula yang hangat. untuk buat kolak sendiri tak terlalu susah seperti yang kalian bayangkan selama ini, cukup dengan memotong pisang kecil dengan perpaduan santan akan membuat kolak semakin enak dan segar. cara membuat dari minuman kolak ini sangat berbeda dengan jenis minuman segar ataupun jus lainnya seperti sop soto durian yang biking ngiler ataupun dengan resep cara membuat jus alpukat spesial dan lezat. biasanya jus seperti itu sangat cocok di hidangkan di waktu santai bersama keluarga namun rasa kolak yang manis nan segar juga tak kalah enaknya di hidangkan di waktu santai, namun umumnya lebih cocok sebagai hidangan penutup, perayaan seperti arisan ataupun biasanya mudah sekali di jumpai sebagai menu berbuka puasa di bulan ramadhan. yuk di coba.

=================
Bahan Kolak Pisang :
=================
500 gram pisang tanduk
250 ml air matang
75 gram kolang kaling
75 gram santan instant / 1 bks
50 gram gula pasir
50 gram gula merah, rebus menggunakan sedikit air
1 lembar daun pandan

========================
Cara Membuat Kolak Pisang :
========================
1. Persiapkan semua bahan yang di perlukan, potong pisang kecil-kecil agak tipis dengan cara melebar, ukuran di sesuaikan selera.
2. Panaskan panci menggunakan api kecil dengan sedikit air kemudian rebus gula merahnya setelah jadi cair masukkan pula gula pasir sambil di aduk-aduk agar tercampur rata dengan gula merah cairnya.
3. Tuangkan air nya dan masukkan potongan pisang tanduk nya ke dalam panci rebusan. masak sampai pisang nampak berubah warnanya.
4. Tambahkan santan istant, kolang kaling, daun pandan ke dalam rebusan sambil di aduk-aduk terus. masak kurang lebih selama 5-7 menit hingga pisang terlihat empuk dan matang.
5. Hidangkan.

Keterangan :
Jika ingin memakannya dengan cara dingin, sebaiknya dinginkan dulu kolaknya agar tak panas kemudian sajikan di mangkuk saji bersamaan dengan es batu ataupun es serut di dalamnya. selamat coba.

Tags :

Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 05.03.00

Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kolak Pisang Enak Mudah
4.5/ 5

Oleh

Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak-ResepKu


Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak

Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak

Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak

Jawa Resep, Kue lumpur merupakan penganan ringan yang berbahan dasar dari tepung terigu, kentang, santan dan telur yang diberi taburan kismis di permukaan kue nya sebelum disajikan. Kue lumpur termasuk ke dalam katogori kue basah yang tak tahan lama ketika disimpan. Mengapa kue ini dinamai lumpur? karena kalau di lihat dari segi bentuknya sendiri memang agak sedikit basah dan padat seperti lumpur namun lembut. Kue ini juga merupakan cemilan dan jajanan pasar yang banyak disukai oleh orang-orang indonesia. Di beberapa acara-acara tradisional pasti juga mudah menemukan kue yang enak dan lembut ini, aroma yang harum, tekstur yang lembur dan rasa yang enak membuat kue ini banyak yang menyukainya. Jadi untuk kesempatan hari ini jawa resep akan berbagi cara membuat kue lumbur spesial yang enak dan lembut, dari pada menambah rasa keingintahuan anda langsung saja yu siapkan bahan-bahannya dan ikuti tips dan cara nya di bawah ini.

================
Bahan Kue Lumpur :
================
150 gram tepung serba guna
1/4 kg kentang
1/4 liter santan kental
4 butir telur ( yang di gunakan 4 kuning telur dan 3 putih telurnya )
150 gram gula pasir
150 gram margarin yang sudah di cairkan
40 gram susu bubuk
kismis secukupnya

======================
Cara Membuat Kue Lumpur :
======================
1. Pertama-tama kukus kentang hingga matang, angkat selagi panas dan langsung kupas kulit kentangnya. Setelah itu hancurkan kentang-kentang nya.
2. Siapkan wadah ukuran besar dan masukkan tepung terigu, kentang yang sudah di hancurkan, susu bubuk dan gula pasir ke dalamnya.
3. Selanjutnya aduk-aduk terus menggunakan mixer dengan kecepatan rendah saja hingga adonan tercampur rata.
4. Masukkan kuning dan putih telur nya serta santannya juga. Aduk-aduk lagi hingga rata dan sedikit terlihat mengembang.
5. Tambahkan margarin cair, kali ini matikan mixer dan aduk-aduk menggunakan spatula hingga menyatu rata dan pastikan aduknya sampai ke dasar wadah..agar argarin tidak tertinggal di dasar.
6. Panaskan cetakan kue lumpur terlebih dahulu menggunakan api sedang hingga cetakan benar-benar sudah panas kemudian langsung olesi dengan margarin.
7. Tuangkan adonan ke dalam cetakan, panggang adonan hingga setengah matang setelah itu masukkan dan taburkan kimis di atas kue lumpurnya.
8. Panggang kembali hingga kue lumpur matang. Selanjutnya dinginkan bentar dan hidangkan.

Demikian resep mudah dalam membuat kue lumpur yang sederhana, praktis dan tentunya enak ketika di makan, apakah Anda tertarik membuatnya?

Tags :

Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 21.18.00

Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Lumpur Enak
4.5/ 5

Oleh

Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado-ResepKu


Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado

Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado

Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado

Kue lampu-lampu adalah salah satu kuliner yang enak dan termasuk hidangan kue basah yang umumnya biassa di gunakan untuk acara arisan, perayaan adat tradisional dan biasanya juga mudah di temui di sore hari apalagi ketika bulan puasa, sangat cocok di hidangankan untuk menu berbuka puasa. kue lampu sendiri memiliki ciri khas yang unik dan lembut seperti resep kue pukis enak dan lembut. untuk buatnya sangat mudah hampir semua wanita dari manado pasti bisa dan mengenal proses pembuatan kue ini. namun bagi daerah lain yang ingin coba kelezatan dan enaknya kue basah ini tentu bisa buat sendiri di rumah, memang di daerah jawa dan sekitarnya kue yang satu ini belum cukup populer namun di daerah kawasan manado sekitarnya kue lampu-lampu adalah hidangan yang wajib dan pasti ada ketika berbuka puasa.

Proses pembuatannya sebenarnya cukup praktis dan warna hijau yang terdapat pada kue menggunakan air daun suji namun edisi dari jawa resep menggunakan  yang lebih praktis yaitu pasta pandan saja hal ini dapat mempercepat dan mempermudah cara buatnya dan semua bahan dapat di pastikan ada di toko kue terdekat dari rumah anda jadi tak perlu khawatir. rasanya nya maknyus mengalahkan lezatnya cara buat kue cubit lembut dan enak dan resep kue kering coklat kacang. sebenarnya kue lampu-lampu adalah jajanan yang murah meriah dan sangat merakyat harganya yang murah berbeda sekali dengan rasanya walaupun murah rasanya sangat lembut, empuk dan enak. penasaran ingin coba buatnya? ikuti terus proses pembuatan kue lampu edisi dari jawa resep masakan online.

============================
Bahan Kue Lampu-Lampu Manado :
============================
100 gram tepung beras
250 ml santan
2 lembar daun pandan
3 sendok makan gula jawa/merah
1/2 sendok teh garam
pasta pandan secukupnya
wadah takir secukupnya (terbuat dari daun pisang untuk wadah kue dan berbentuks eperti perahu)

==================================
Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Manado :
==================================
1. Persiapkan semua bahan yang di butuhkan setelah itu campur tepung beras bersamaan dengan santan kelapanya. tambahkan sedikit garam aduk hingga merata.
2. Masukkan pasta pandan secukupnya (sesuai selera) aduk kembali sampai rata. langkah berikutnya sisir tipis gula jawa yang sudah di siapkan tadi.
3. Selanjutnya tinggal masukkan sisiran gula jawa, letakan ke dalam wadah takir kemudian masukkan pula adonan campuran tepung di atasnya.
4. Kukus selama 7 menit / setengah matang kemudian tambahkan daun pandan dan kukus kembali sampai matang kurang lebih sekitar 10-15 menit.
5. Setelah matang di dinginkan dahulu dan kue lampu siap di hidangkan.

Tags :

Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 21.18.00

Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Lampu-Lampu Khas Manado
4.5/ 5

Oleh

Resep Cara Membuat Kue Kering Kacang Gurih Dan Enak-ResepKu


Resep Cara Membuat Kue Kering Kacang Gurih Dan Enak

Resep Cara Membuat Kue Kering Kacang Gurih Dan Enak

Resep Cara Membuat Kue Kering Kacang Gurih Dan Enak

Jawa Resep, Kue Kering Kacang termasuk ke dalam kue kering yang umumnya berbahan dasar dari kacang tanah yang kulitnya sudah di kupas tentunya dan tepung terigu yang di padukan dengan bahan enak lainnya kemudian di panggang ke dalam oven yang bersuhu tinggi hingga matang. Macam-macam bentuk kue kacang sangat banyak sekali variasi ada yang berbentuk hati, bentuk bulat maupun bulan sabit. Kue kacang tanah ini mudah di temukan di toko-toko di kota anda, biasanya kue ini cocok sekali di sajikan untuk pertayaan besar keagamaan seperti tahun baru imlek, lebaran idul fitri dan natal maupun peryaan keagamaan lainnya. Selain untuk peryaan kue ini sangat cocok di sajikan untuk cemilan bersama keluarga di waktu-waktu santai. Kue kacang tergolong kue yang mudah di buat dan tidak membutuhkan waktu lama dalam membuat kue ini karena bisa di bilang kurang dari satu jam kue kering yang enak dan renyah ini siap di sajikan. Kesempatan hari ini kita akan belajar bersama dalam mengolah dan membuat kue kering kacang yang enak dan renyah yang tentunya rasa tidak kalah dengan kue-kue yang di jual di toko ternama di kota anda, Yuk langsung saja persiapkan bahannya.

=====================
Bahan Kue Kering Kacang :
=====================
1/4 kg tepung terigu
150 gram kacang tanah
1 butir telur, ambil dan gunakan kuningnya saja
1 sendok makan vanili bubuk
1/2 sendok teh garam
150 gram gula halus
150 ml minyak goreng
margarin secukupnya

============================
Cara Membuat Kue Kering Kacang :
============================
1. Cuci dan bersihkan kacangnya terlebih dahulu, kemudian sangrai kacangnya dan kupas serta hilangkan kulitnya.
2. Campurkan kacang tanah, garam dan minyak goreng. Blender semua itu hingga benar-benar halus ( bila tidak ada blender anda bisa menghaluskan kacang tanah dan garam tanpa minyak goreng menggunakan ulekan/cobek ).
3. Siapkan wadah ukuran besar, campurkan tepung terigu, gula halusm vanili, dan kacang yang sudah di blender ( jika menggunakan cobek, sekarang baru campurkan minyak gorengnya ). Aduk-aduk hingga merata dan adonan bisa di pulung.
4. Ambil beberapa adonan giling adonan menggunakan rolling pin / gilingan kue ( maupun bisa gunakan botol sirup jika tidak ada rollling pin / gilingan kue berbentuk kayu ). Giling adonan setebal 1 cm saja.
5. Cetak adonan-adonan tersebut sesuai selera ( kalau saya bentuk cetakan bulan sabit. ). Masukkan cetakan di atas loyang ukuran besat yang sudah di olesi dengan margarin.
6. Olesi adonan yang sudah di letakan di atas loyang tadi dengan kuning telur di atas nya.
7. Panggang kue kering kacang tanah selama 20-30 menit sampai matang menggunakan api sedang.
8. Dinginkan sebentar dan simpan ke dalam wadah kedap udara.
9. Sajikan.

Tags :

Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 20.33.00

Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Kering Kacang Gurih Dan Enak
4.5/ 5

Oleh

Resep Udang Goreng Tepung-ResepKu


Resep Udang Goreng Tepung

Resep Udang Goreng Tepung

Resep Udang Goreng Tepung

Resep Membuat Udang Goreng Tepung – Mannaaa daun bawang nya??? Hihihii pas giliran mau di posting ini eh ketinggalan

Jangan lupa ya, daun bawang itu yang jadi tambah enakkk, tapii jika malas pake juga ga masyalaahh.

Udang Goreng Tepung by Diana Az

Bahan Bahan

  • 100 gram udang kecil basah
  • 4 sendok makan tepung bumbu
  • 4-5 sendok makan air
  • 1 helai daun bawang, cincang

Cara Membuat Udang Goreng Tepung by Diana Az

Aduk tepung bumbu bersama air hingga rata dan licin. lalu masukkan daun bawang

Masukkan udang, aduk rata.

Goreng sesendok demi sesendok sampai matang dan kering

Angkat dan tiriskan

Sajikan dengan saus sambal favorit

Selamat mencoba

BACA JUGA YANG INI:

Resep Bolu Gulung Abon Yang Lembut dan Lentur-ResepKu


Resep Bolu Gulung Abon Yang Lembut dan Lentur

Resep Bolu Gulung Abon Yang Lembut dan Lentur

Resep Bolu Gulung Abon Yang Lembut dan Lentur

Bolu Gulung Abon Yang Lembut dan Lentur – Holaa bolgul lagiii, setelah nyobain bolgul-bolgul versi manis karena masi penasaran sama bolgul abon mba Ricke Ordinary laah jadinya bikin bolgulll terusss gubrak hehehe

Sudah kebiasaanku kalo lagi demen sesuatu ya gini, sampe bosen diulang-ulang+sambil meyakinkan diri kalo sudah cukup bisa melewati tantangan bolgul

Kali ini aku bikin yang savoury yaa, karena suami komplen bikin manis-manis terus secara dia lebih suka yang savoury daripada sweet, akhirnya pilihan jatuh pada bolgul abon mba Ricke @rickeindriani_ordinarykitchen, terima kasih mba Ricke atas resep+inspirasinya, secara saya ini penggemar berat beliau

Bolgul ini tastenya lebih gurihh daripada resep bolgul ekonomis. oh ya, match banget ternyata bolgul sama abon, takaran gula juga dikit. alhamdullilah suami suka banget, dia bilang ini enak banget, gurihhh, tapi kalo saya pribadi yang suka rasa enteng, lebih cuco yang versi bolgul ekonomis, semua kembali lidah masing-masing ya

Dari awal smpe akhir sukses ga ada accident, kecuali susah dipotong rada kiriwl-kriwil karena nindes daun bawang+cabe keringnya pisonya hehehe

Bolu Gulung Abon by Tintin Rayner

Bahan Bahan

  • 3 butir kuning telur
  • 3 butir telur utuh
  • 40 gram gula pasir
  • 1/2 sendok makan air putih
  • 1/2 sendok makan Emulsifier/SP
  • 50 gram tepung kunci/segitiga
  • 10 gram susu bubuk
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 30 gram margarin + 30 gram butter lelehkan

Bahan Taburan

  • Daun bawang
  • Kulit cabe
  • Wijen (aku ga ada wijen putih pake item)

Bahan Filling

  • Mayonaise
  • Susu kental manis (perbadingan 4:1)
  • Abon

Cara Membuat Bolu Gulung Abon

Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier dan air sampai mengembang, kental, putih dan berjejak. lalu masukkan terigu, susu, BP, mixer dengan kecepatan paling rendah sampai rata aja yah, kemudian matikan mixer, dan masukkan butter leleh, aduk pake spatula, dengan teknik aduk balik

Tuangkan adonan ke dalam loyang kotak ukuran 20 yang sudah dilapisi dengan kertas roti, lalu taburi topping, kemudian panggang di dalam oven pada suhu 190 derajat sekitar 15-20 menit tergantung oven masing-masing yaa

Beri filling, gulung, padatkan siap dinikmati, urih banget, enak, match semuanya

Gulungnya yang mantap dan pasti ya.. ini bolgul lentur koq nda gampang patah

Hmmm. potong-potong sesuai selera yaaa, recomended

Yummyyy

Selamat mencoba

BACA JUGA YANG INI:

Resep Paling The Best Banana Muffin Ever, Super Moist No mixer Lagi-ResepKu


Resep Paling The Best Banana Muffin Ever, Super Moist No mixer Lagi

Resep Paling The Best Banana Muffin Ever, Super Moist No mixer Lagi

Resep Paling The Best Banana Muffin Ever, Super Moist No mixer Lagi

Resep Banana Muffin – Siang tadi, setelah berbulan-bulan ga baking, akhirnya menyentuh mixer oven, soulmate sejatiku, suda kangen bingit. kebetulan anak-anak tumben tidurnya nyenyak banget. ditinggal ke bawah sebentar masi pules, akhirnya aku memberdayakan pisang sunpride di meja yang sudah lebam alias benjut-benjut dibanting-banting sama si 1 tahun

Memang sudah kepikiran nasib si pisang ini kemaren malem, dalem hati mikir waduh kalo pas bisa baking pasti sudah taolah ini, ya sudah kalo ga bisa jatah tong sampah lah yaa besokk, syukurlah lancar, persiapan cuma 8 menitan, waktu dipanggang segera aku naik nemenin anak-anak lagi di kamar, soalnya sudah sering banget bikin muffin pisang resep kesayangan ini, jadinya ga perlu ditengok-tengok so pasti jadinya tetep cantik di suhu 180 derajat selama 30 menitan tergantung besar kecil cup nya juga yah

Senengnyaa bau muffin pisang merebak seisi ruangan! loveee itttttt:) kangennnnnnn, sebetulnya resep sudah pernah aku share, tapi aku ulang lagi aja ya kisskiss Sumber : Allrecipes resep Lisa Kerft.

Banana Muffin by Tintin Rayner

Bahan Bahan A

  • 3 buah pisang ambon tua dan besar
  • 1 butir telur utuh ukuran besar
  • 110 gula pasir (aku kasi 80 pasir 30 palem abisin stock palem)
  • 85 gram butter cair (aku pake Anchor)
  • 1 sendok teh esens vanilla/bebas

Bahan Bahan B

  • 190 gram tepung segitiga
  • 1 sendok teh baking powder double action
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • Sesuai selera kismis/chocochips
  • 1/2 sendok teh bole pake cinnamon bubuk kalo suka

Cara Membuat Banana Muffin

Bahan A: Aduk pake whisk secara bersamaan semua bahan basah yah sampai tercampur rata. dan sisihkan

Bahan B : Ayak bersamaan hingga rata, lalu masukkan kismis, chochips, aduk rata kemudian buat cekungan di tengah bahan B, dan masukkan semua bahan A, aduk menggunakan whisk asal tercampur bahan basah ke kering. (jangan overmix, nanti cake bisa bantet)

Tuangkan adonan ke dalam cup, lalu taburi dengan topping suka-suka bunda saja. (isinya 3/4 cup aja ya karena nanti cake akan mengembang tinggi loh) kemudian panggang di dalam oven pada suhu 180 derajat selama 25-30 menit

Yummy bangettt, pisangnya berasa banget, super moist, dan ga seret, Recomended pokoknya

Fluffy, lembab, legit.

Best ever muffin pisang!

Selamat mencoba

BACA JUGA YANG INI:

Resep Cake Tapai Keju Special Versi Buttercake. Enak dan Harum Banget-ResepKu


Resep Cake Tapai Keju Special Versi Buttercake. Enak dan Harum Banget

Resep Cake Tapai Keju Special Versi Buttercake. Enak dan Harum Banget

Resep Cake Tapai Keju Special Versi Buttercake. Enak dan Harum Banget

Cake Tapai Keju Special Versi Buttercake – Dari duluu pengen nyoba kayak apa rasanya cake tape, sampai maju mundurr gara-gara galau apa ga aneh ya tape masuk di cake? berasa masem-masem gimana mesti fikirku.hihih…

1 minggu yang lalu aku liat postingan mba Permadi Niken! akhirnya bulet tekadku abis liat penampakan cake tape mba Niken di loyang loaf bertabur chochips yang serasa manggil-manggil diriku sampe ke alam mimpi itu.wkwkwkwk..

Segera besoknya aku beli tapaii, dan taraaa jadilah cake tape lezat ini! perpaduan dan takarannya serba passs, tapai, keju+butter berpadu jadi match bangett

Sukaaaa sama cake iniii…hihihi ini resep diadaptasi dari mba Endang JTT yah sopasti wuenakk:)

Cusssss mommiesss

Cake Tapai Keju Special Versi Buttercake by Tintin Rayner

Bahan Bahan 1

  • 350 gram tepung kunci
  • 2 sendok teh baking powder
  • 50 gram susu bubuk (aku pake dancow)
  • 1/4 sendok teh garam halus

Bahan Bahan 2

  • 340 gram butter (bole separo mix margarin)
  • 2 sendok teh essens vanili
  • 250 gram tape+3 sendok makan susu kental manis putih lumatkan halus
  • 280 gram gula pasir
  • 100 gram keju cheddar parut
  • 6 butir telur
  • 2 butir kuning telur (bole pake/bole tidak)

Cara Membuat Cake Tapai Keju Special Versi Buttercake

Lumatkan tapai, susu kental manis sampe lumat ya pake sendok/potato smasher

Kocok butter, essens vanilli sampai mengembang putih (tahap ini penting yah)

Masukkan tapai, gula pasir lalu kocok sampe tercampur rata yah

Masukkan telur satu persatu. setiap mau masukkin telor tunggu telor sebelumnya rata dulu

Masukkan tepung bergantian dengan keju parut cukup aduk pake spatula aja yah. lalu tuangkan ke dalam loyang tulban kemudian panggang di dalam oven pada suhu 180 derajat sekitar 40 menit:) ato sesuaikan suhu oven masing-masing

Hmmm harum bangettt aroma cake ini, recomended yahh:) perpaduan tapai, keju, butternya pas bangett komposisinya cucoo xixixixi

Sepertinya next time dikasi kismis makin enak dah:) oh ya pake loyang loaf boleh juga yah bisa jadi 2 loyang..

Layak coba yahh:) hohoho

Selamat mencoba

BACA JUGA YANG INI:

Resep Membuat Donat Maizena Yang Menul Dan Empuk Banget!-ResepKu


Resep Membuat Donat Maizena Yang Menul Dan Empuk Banget!

Resep Membuat Donat Maizena Yang Menul Dan Empuk Banget!

Resep Donat Maizena Yang Menul Dan Empuk Banget!

Donat Maizena – Masih sering gagal bikin donat? Mungkin bunda perlu coba resep donat maizena dari Yunda Yun yang satu ini. Sudah banyak yang mencoba dan langsung berhasil lho! Resep yang sederhana dan mudah ini ternyata mampu menghasilkan donat yang menul dan empuk banget! Thanks buat Yunda Yun yang sudah membagiakn resepnya.

Buat bunda di rumah yang pingin langsung praktek, simak resepnya berikut ini.

Donat Maizena

Bahan-bahan

  • 500 gram terigu (segi tiga biru)
  • 200 ml air biasa (air hangat)
  • 75 gram margarin
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 5 sendok makan susu bubuk
  • 5 sendok makan tepung maizena
  • 2 butir telur
  • 1 bungkus fermipan (11 gram)

Cara Membuat Donat Maizena

Campurkan air dan fermipan di dalam gelas, lalu diamkan selama 5 menit.

Siapkan wadah dan masukkan semua bahan kecuali margarin. campurkan juga fermipan yang sudah dilarutkan tadi.

Aduk adonan sampai rata dan kemudian tambahkan margarin.

Uleni sampai kalis. tambahkan tepung terigu sedikit jika dirasa masih terlalu lembek dan lengket di tangan.

Tutup adonan menggunakan kain dan diamkan selama 30 menit.

Bagi-bagi adonan dengan ukuran kira-kira cukup untuk 1 donat.

Bentuk dan bulatkan adonan sampai bulat dan mulus. Diamkan lagi selama 20 menit.

Lempengkan atau tekan adonan menjadi agak tipis, kemudian lubangi bangian tengahnya dengan telunjuk.

Goreng adonan donat menggunakan api kecil supaya tidak gampang gosong.

Selesai! Simenul empuk sudah jadi dan siap disantapi. Bisa ditambahi gula halus atau topping lain sesuai dengan selera. Gampang kan bun?

Selamat mencoba dan mudah-mudahan berhasil bun 🙂

BACA JUGA YANG INI:

Resep Coffe Mocca Ogura Cake Super Soft Bouncy dan Moist Banget-ResepKu


Resep Coffe Mocca Ogura Cake Super Soft Bouncy dan Moist Banget

Resep Coffe Mocca Ogura Cake Super Soft Bouncy dan Moist Banget

Resep Coffe Mocca Ogura Cake Super Soft Bouncy dan Moist Banget

Coffe Mocca Ogura Cake – Ogura kopi mokka ini enak banget, beraroma pokoknya yummy deh pokoknya, untuk jumlah kopi bubuk/mocca bisa ditambah/dikurangi sesuai selera yaaa
Resep by Tintin Rayner (cieeh gaya)xixixixi

Kopi kemaren aku nyomot kopi suami (Nescafe) untuk pasta Mocca aku beli di Toko Bahan Kue yang Good Quality supaya aromanya enak. dan penggunaan pastanya di sarankan yang berkualitas, bisa bunda liat dari harga yaa, ada harga tentu ada kualitas, karena aku pernah beli pasta Mocca murah, baunya itu malah kayak obat. beneran bund aneh banget hehehe

Resultnya cake ini kempus-kempus seperti biasa, lembuttt, dan porinya halusss, pkoknya maemm berslice-slice tanpa ngerasa berdosa, tau sendiri kalori Ogura ini paling dikittt diantara cake-cake lainn hihihihi

Cusss mommiesss akah terutama bunda penggemar berat kopi mokaaa ini dia resepnya

Coffe Mocca Ogura Cake by Tintin Rayner

Bahan Bahan A

  • 5 butir kuning telur
  • 1 butir telur utuh
  • 2 sendok teh kopi seduh dengan 1 sendok makan air panas (aku Nescafe Classic)
  • 1 sendok makan Pasta Mocca Good Quality
  • 60 gram minyak goreng
  • 65 gram susu cair tawar (aku pake ultra)
  • 70 gram tepung kunci
  • 10 gram tepung maizena

Bahan Bahan B

  • 5 butir putih telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh cream of tar-tar, bole diganti dengan 1 sendok teh air jeruk nipis atau 1/2 sendok teh Cuka

Cara Membuat Coffe Mocca Ogura Cake

Aduk semua bahan A di dalam baskom menggunakan whisk saja sampe rata yaa mom. dan sisihkan

Mixer putih telor sampai mulai keluar busa, lalu masukkan CTT, gula pasir secara bertahap 3 x sambil telor di mixer sampai mengembang putih dan softpeak, kemudian masukkan putel ini secara bertahap ke dalam pasta A, aduk rata pakai spatula

Setelah rata, tuangkan adonan ke dalam loyang ukuran 20 cm yang sudah dialasi kertas roti.

Panggang adonan di dalam oven dengan suhu 160-170 derajat selama 50-60 menit atau sesuaikan pada suhu oven masing-masing ya dengan sistem Au Bain Marie (loyang utama dialasi loyang lain yang lebih besar kasi air setinggi 1 cm).

Setelah 50 menit, lakukan test tusuk ya dan pastikan mateng sempurna. step ini pun butuh trial erorr+feeling untuk ogura cake.

Kalo sudah matang, balik loyang, taruh di atas rak kawat lalu kelupas secara perlahan-laha yah kertasnya. sambil ditunggu sampe uapnya ilang

Balikkan lagi ke posisi semula, dan ogura siap dipotong-potong. aku tadi ga sampe suhu ruang si masi anget-anget soale sudah ngences abis hihihihi

Mariii dipotong-potong. ini tahap paling bikin deg-degan, kecanduan diriku yaituuu potongan pertama ogura cake! mulailebay hehehe

Hasil sesuai harapan ya. oh ya aku tambahkan 2 sendok makan popyseeds (yang bintik item-item itu) cuma buat abisin stock. skip bole saja mom kalo tidak ada

Ogura Cake kopi moka yang sangat-sangat ringan dengan rasa yang yammiiii

Crazy about ogura!

Selamat mencoba

BACA JUGA YANG INI:

Resep Bolu Kukus Gula Merah Anti Gagal Lembut dan Pasti Mekar Merekah-ResepKu


Resep Bolu Kukus Gula Merah Anti Gagal Lembut dan Pasti Mekar Merekah

Resep Bolu Kukus Gula Merah Anti Gagal Lembut dan Pasti Mekar Merekah

Resep Bolu Kukus Gula Merah Anti Gagal Lembut dan Pasti Mekar Merekah

Resep Bolu Kukus Gula Merah – Sejujur jujurnyaa aku belom pernah makan bolkus gula merah xixixixi.. bikin juga belom pernah. baru kali ini akhirnya bisa bikin, sebenernya sih sudah beberapa bulan lalu aku kepengen. tapi gara-gara kebanyakan cookmark, cuci mata, akhirnya sirna sudahh bolkusnya malah baking yang lain lain..wkwkwk..

Laaah kemaren pas sugar cravingnya lagi kumat di timeline liak postingan mba Hanny yang super duper bikin ngilerr#cessss aku bikin ‘Bolu Kukus Gula Merah Mekar’ huaaaa, aku pikir ini saatnya mengakhiri galau akan bolkus gulmer. supaya tidak katro lagi.

Pagi-pagi banget bangun tidur aku langsung menuju dapur sama riyep-riyep mataku. mau eksekusi dan deg-degan rasanya. dalam hati hmm bener ga ya step by stepnya gini, galau, tapiiii akhirnya senengg setelah liat kukusan hasilnya mekrokk semua 100 persen ga ada yang mingkem..xixixixi untuk percobaan pertamaku aku puass banget

Next time jadi penasaran mau nyoba resep-resep bolkus gulmer lainnya, mau buat perbandingan textur. kalo yang ini hasilnya lembut harumnya khasss moms.

Bolu Kukus Gula Merah by Tintin Rayner

Bahan Bahan

  • 200 gram gula merah sisir halus
  • 200 ml air
  • 3 helai daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanilla bubuk
  • 2 butir kuning telor
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 250 gram tepung segitiga/kunci
  • 100 ml minyak goreng

Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah by Tintin Rayner

Didihkan air, gula merah, daun pandan, garam, dan vanilli bubuk sampai larut, lalu saring, dan sisihkan sampai suhu ruang.

Mixer kuning telor, gula pasir, BP dan Soda kue sampai pucat mengembang pake speed paling tinggi

Masukkan secara berurutan : Air gula merah lalu campuran terigu sampai rata aaja yahh dengan mixer speed paling rendah, lalu matikan mixer, kemudian terakhir masukkan minyak dan aduk rata menggunakan aja.

Tuangkan adonan ke dalam cup bolu kukus full penuh (1 resep ini tadi jadi 9 cup moms ya)

Kukus selama 20 menit dengan api besar. (sebaiknya tutup dandang dilapisi serbet supaya ga netes-netes), tadi aku ndak pake karena malas hehehe.

Waktu menit ke 5 sudah mekrokk joged-joget depan kompor hehehe

Taraaa mekroknya kebangetan semuaa, senangnyaa, memang resep ini bener-benar anti gagal, sekali bikin langsung suksess xixixixi

Lembuttnya khas bolu kukus, harum gula merah, pandannya amboi banget! sukaa

Kalo bikin lagi kelak mau 2 resep sekalian!

Bolu Kukus Gula Merah Mekar Sumringah deh pokoknya xixixi

Plastikkin satu-satu biar awet lembab dan empuknya, atau masukkan ke dalam toples kedap udara yaa

Yummiiii, empuk bangett menul-menul sesuai harapan, soalnya kurang suka bolu-bolu yang keras kayak kue mangkok xixi..

Bolu Kukus Gula Merah antigagal, maybe kalo dicampur santan makin wangii ya? next time mau cuba

Temen kukpad mba Tiny ngrecook resep ini pake santan bahkan pake cetakkan muffin teteup berhasilll, senengnyaa, makin gurihh malah horeee

Catatan :

Panaskan dandang sampe full uap sebelum adonan masuk ya

Jangan buka tutup dandang sebelum mateng, Big NO! kalo di buka nanti bisa mingkem bolkusnya

Aduk Minyak pake spatula yang rata supaya minyak tidak ngendap di bawah

Tutup kukusan sebaiknya dibungkus serbet biar air tidak netes-netes ke bolkus

Air kukusan jangan terlalu tinggi supaya ndak nyiprat-nyiprat ke pantat bolkus yang menyebabkan basah bantet bawahnya

Warna Gula merah yang dipake mempengaruhi warna akhir yaa

Enjoyyyyy 🙂 mudah bangett..

Selamat mencoba

BACA JUGA YANG INI:

Castella Green Tea Aka Kasutera Atau Traditional Japanese Honey Cake-ResepKu


Castella Green Tea Aka Kasutera Atau Traditional Japanese Honey Cake

Castella Green Tea Aka Kasutera Atau Traditional Japanese Honey Cake

Castella Green Tea Aka Kasutera Atau Traditional Japanese Honey Cake

Castella Green – Yuhuuu waktunya nostalgia sama miss castella, pengen bikin yang manis-manis tapi yang gampang bikinya, karena kalo muffin/brownies bosan momss hehehe, juga pengen yang bau-bau madu gitu.

Ahirnya pilihan jatuh ke Castella, cake jadul jepang berumur 4 abad yang bersahaja dan ngangeninn, karena taste’nya simpel, texturnya unikk kayak empuk tapi ada kenyelnya dikit alias bouncy-bouncy gimana gitu, susah di jelasinnya..wkwkwk soalnya ini satu-satunya Cake yang pembuatannya ganjil, pakenya tepung Cakra alias protein tinggi yang biasanya dibuat Roti-rotian, tapi memang begitu aturan dari sononya. boleh saja diganti kunci, pasti lebih lembut tapi ya jadi ndak ori lagii sensasinya, mulailebay hehehe

Keunikan castella japan ini adalah
1. No Oil! ga pake lemak apapun ciyuss
2. Pake tepung cakra, what??
3. No SP No BP ,hmm..

Di Jepang, khususnya Nagasaki cake ini jadi salah 1 oleh-oleh favorit!! bahkan saking jadulnyaa, aduknya masi pake tangan kosong, pembuatannya pun ga pake loyang biasa,tapi pake wooden frame (kayu bentuk loyang) waow ngilerr #caritissue

Castella Green Tea Aka Kasutera by Tintin Rayner

Bahan Bahan

  • 3 butir telur pisahkan kuning dan putihnya
  • 62 gram gula pasir
  • 50 gram tepung cakra/protein tinggi
  • 2 sendok makan madu plus 1 sendok makan air hangat aduk rata
  • 1.5 sendok makan greentea powder plus 4 sendok makan susu cair aduk rata

Cara Membuat Castella Green Tea Aka Kasutera

Mixer putih telur dan gula sampai mengembang soft peak, lalu turunkan speed mixer ke yang paling rendah kemudian masukkan kuning telur satu persatu asal tercampur rata ya

Masukkan Madu yang sudah dicampur air hangat, lalu mixer asal rata, masi dalam kecepatan rendah, masukkan tepung mixer sampai rata saja. dan matikan mixer, kemudian terakhir masukkan greentea yang sudah dicampur susu cair aduk pake SPATULA

Tuangkan adonan ke dalam loyang kecil yang sudah dilapisi kertas, (kalo pake loyang gedean resep bisa dikali 2 ya).

Panggang adonan di dalam oven pada suhu 160 derajat selama 35 menit. atau sampai matang karena suhu oven beda-beda.

Tadi sempet ngecrack di menit ke 10, padahal biasanya bikin suhu segitu ga crack loh, kenapa yaa?xixi.

Kalo cake sudah mateng segera keluarin dari dalam loyang, atasnya olesi madu biar legit lalu potong-potong

Ritual asli di Japan, begitu matang cake ini di Hot wrap, artinya panas-panas dibungkus cling wrap di inepin sampe 1-3 malem konon tastenya nendang banget, deep, dan lebih lembab seperti ini

Castella Green Tea Aka Kasutera Atau Traditional Japanese

Yuhuu kalo aku mah nda sabar, panas-panas seperti biasa hajar, ambrol sudah lagu lama..xxixixii

Hmmm aroma madu yang lembutt berpadu dengan aroma greentea yang menenangkan. kebayang nikmatnyaa..

Slice of Green Tea Castella Cake,yummiiii

Empuk tapi kenyel,unik banget, karena pengaruh pake tepung protein tinggi dan no Oil.

Pori-porinya bukan tipe kayak ogura/cottoncake ya, dia unik, beronga kecil-kecil gituu

Versi asli Castella Jepang yang dijual di Nagasaki! sumber : Google xixixi, gimana gimana niii? uda mirip lom pori, texturnyah?? Wkwkwkwk..

Castella Green Tea

Catatan :

# Pilih bubuk greentea good quality
# Pemakaian bubuk greentea bebas ya, kalo pengen lebih gelap ya tambahin saja sesuai selera
# Jangan lupa alasi kertas roti meski pake loyang teflon, insiden kapan hari coba pake teflon ga kasi kertas roti, ternyata lengkett baru inget ini cake tanpa minyak sama sekali.

Selamat mencoba

BACA JUGA YANG INI:

Resep Singkong Manis Ala Thailand Aka Sweet Casava. Enak, Gurih, dan Singkongnya Pulen Banget Bikin Ketagihan!-ResepKu


Resep Singkong Manis Ala Thailand Aka Sweet Casava. Enak, Gurih, dan Singkongnya Pulen Banget Bikin Ketagihan!

Resep Singkong Manis Ala Thailand Aka Sweet Casava. Enak, Gurih, dan Singkongnya Pulen Banget Bikin Ketagihan!

Resep Singkong Manis Ala Thailand Aka Sweet Casava. Enak, Gurih, dan Singkongnya Pulen Banget Bikin Ketagihan!

Singkong Manis Ala Thailand Aka Sweet Casava – Masi inget, dari kecil sukaa bangett sama singkong ini, berawal dari oma yang rajin kirim masakan/jajanan-jajanan ke cucu-cucunya, beliau sangat-sangat hobby masak, bikin jajanan terutama masakan, jajanan Indo jadul, salah satunya yaa singkong manis ini.

Ko ternyata belakangan baru tau ini namanya singkong manis ala thailand, suda lama banget tidak maem singkong ini, sudah lupa malah, apalagi rumahku sekarang jauh sama rumah oma, ehhh ndelalah liat post mba Hanny bebikin singkong manis ini, langsung cookmark, ngilerr abisss.

Flu berat tabela-belain ke pasar demi singkong inceran..wkwkwkw, modal nekat padahal seumur-umur belom pernah nyentuh singkong yang belom diolah hahaha.

Anddd Tadaaaaa, ternyata super gampangg, enakk, manisss. cuco bangettt sama diriku yang lagi flu, pusing, pilek ini, lidah lagi pahit xixixi.

Bikinnya sudah dari kemaren-kemaren, tapi kukpadku erorr (lagi-lagi) ga bisa post komen bahkan..
Makasih ya mba HanHanny inspirasinya, seneng banget bernostalgia sama buatan oma, cusssss resepnya

Singkong Manis Ala Thailand by Tintin Rayner

Bahan Bahan

  • 500 gram singkong kualitas bagus (biasanya kalo dikupas kulitnya ngga lengket, lgsung ngikut ketika ditarik)
  • 100 gram gula pasir / sesuai selera aja
  • 300 cc air (bisa dibuat kental/berkuah sesuai selera saja)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 cc santan kental
  • 1 sendok makan tepung maizena dilarutkan sedikit air
  • 2 ikat daun pandan

Cara Membuat Singkong Manis Ala Thailand

Bersihkan dan potong-potong singkong sesuai selera ya

Rebus singkong dengan air, gula pasir, daun pandan sampai mengental, empuk lalu tambahkan larutan maizena supaya kental!

Catatan

1. Pada tahap ini, buat yang suka berkuah bisa ditambahkan jumlah air.

2. Di tempatku selain saus santan kental, singkongnya pun tetep dikasi santan dikit pada tahap ini tapiii ada juga yang beningan tanpa santan sama sekali.

3. Kembali ke selera masing-masing ya

Membuat vla Santan

Rebus santan, dengan daun pandan, garam jadi 1 (kalo males bisa pake kara ajaa)

Enak, gurih, dan singkongnya pulen banget bikin ketagihan!

Singkong thailand Sweet Casava

Selamat mencoba

BACA JUGA YANG INI:

Resep Membuat Kue Garpu Yang Enak Dan Renyah-ResepKu


Resep Membuat Kue Garpu Yang Enak Dan Renyah

Resep Membuat Kue Garpu Yang Enak Dan Renyah

Resep Membuat Kue Garpu Yang Enak Dan Renyah

Resep Kue Garpu – Kue ini disebut kue garpu karena cara membuatnya memang dicetak menggunakan garpu. Tapi kue kering ini juga punya beberapa nama lain seperti kue Klatak di Semarang, atau kue Kekewukan di Tasikmalaya. Disebut kekewukan karena bentuknya mirip kewuk atau siput laut.

Di beberapa tempat di Indonesia, kue ini merupakan kue khas hari Lebaran, jadi di bulan ramadhan ini bisa dipastikan beberapa orang mulai bersiap-siap membuat kue ini. Bahan-bahan kue garpu cukup sederhana dan murah meriah. Biaya pembuatan satu resep bahkan nggak nyampe 10 ribu Rupiah. Namun rasanya yang gurih dan renyah kriuk-kriuk cocok banget dijadikan camilan sambil santai atau untuk teman makanan berkuah seperti sop atau

Cara membuat kue ini cukup mudah, meskipun proses mencetak menggunakan garpunya butuh ketelatenan. Bagaimana caranya? Yuk kita cobain resep kue garpu dari Maryam maeco ini:

Kue Garpu

Bahan-bahan

  • 100 gram tepung terigu
  • 20 gram mentega (cairkan)
  • 20 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam 
  • Daun seledri (iris halus

Cara Membuat Kue Garpu

Siapkan wadah, lalu masukkan semua bahan yang ada. Aduk dan uleni sampai menjadi adonan yang kalis dan tidak lengket.

Pipihkan adonan menggunakan penggilingan tangan atau botol kaca, latu potong persegi seperti pada gambar.

Ambil sepotong adonan, lalu tekan-tekan pada bagian punggung garpu, kemudian gulung sampai ujung dan membentuk gulungan seperti pada gambar di atas.

Goreng adonan menggunakan api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Setelah dingin, masukkan ke dalam toples yang kedap udara supaya tetap renyah.

Selesai..! Gampang, praktis dan murah meriah, hehe..

Untuk menghasilkan kue yang renyah, usahakan adonan dibuat setipis mungkin ya bun. Selamat mencobaa…!

BACA JUGA YANG INI:

Resep Ogura Cake Green Tea Lembutnya Selembut Kapas Bund-ResepKu


Resep Ogura Cake Green Tea Lembutnya Selembut Kapas Bund

Resep Ogura Cake Green Tea Lembutnya Selembut Kapas Bund

Resep Ogura Cake Green Tea Lembutnya Selembut Kapas Bund

Ogura Cake Green Tea Selembut Kapas – Belom move on dari Ogura hehehe, setelah ogura lemon, taro, pandan, cokelat, dan sekarang nyobain Green Tea. abis ini apa lagi ya?

Kebiasaan kalo lagi suka sesuatu diulang-ulang terus sampe bosen. sekalian ngabisin bubuk greentea sayang banget harganya cukup mehong kemaren beli di TBk, untung saja pas persis sisa 20 gram untuk cake ini

Texturnya kempus-kempus bangett, harummm dan bener-bener refreshing cake!

Resep dikutip dari blog mba Endang jtt, beliau mengutip dari blog Ancoo Journal, sepertinya Singaporean blog/Malaysian.

Memang cake ini ngeboom banget di Asia, trutama malaysia dan singapore soalnya memang asalnya dari Batu Pahat Malaysia. istilahnya Malaysia cottoncake

Ogura Cake Green Tea by Tintin Rayner

Bahan Pasta A

  • 65 gram tepung kunci
  • 15 gram tepung maizena
  • 20 gram greentea powder seduh dengan 2 sendok makan air hangat
  • 60 cc susu cair
  • 65 cc minyak goreng
  • 5 butir kuning telur
  • 1 butir telur

Bahan Bahan B

  • 5 butir putih telur
  • 100 gram gula pasir halus
  • 1/4 sendok teh cream of tar-tar atau 1 sendok teh peresan jeruk nipis

Cara Membuat Ogura Cake Green Tea

Siapkan Bahan-bahan yah, dan jangan lupa pakai bubuk greentea good quality supaya mantap oguranya, karena warna asli bubuk green tea ijo surem, kalo pengen lebih nyala kasi esens green tea 1/2 sendok teh yah.

Pasta A : taruh bahan kering di dalam baskom lalu buat cekungan ditengah, kemudian masukkan telur disusul minyak, dan susu, aduk dengan whisk sampai rata. sisihkan

Bahan B : kocok putih telur, cream of tar-tar sampai muncul busa, lalu masukkan gula bertahap 3x, kemudian mixer terus sampai softpeak, lalu masukkan putih telur ke pasta A bertahap 3x pakai spatula, dengan teknik aduk balik

Aduk sampai rata, lalu tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti

Panggang di di dalam oven pada suhu 160-170 derajat dengan teknik Au Bain Marie sekitar 50 menit atau sesuaikan oven masing-masing (loyang utama dialasi loyang lain yang berukuran lebi besar dan di isi air setinggi 1cm)

Setelah matang, tangkupkan cake ke atas rak kawat untuk menghilangkan uap yah

Kelupas kertas roti pelan-pelan. kalo pelan-pelan pasti mulus, pengalaman gompel-gompel kalo cepet-cepetan

Taraaa. siap dipotong. hmmmmm aroma greentea sudah kemana-mana. huaa
#ngelap iler

Jadinya banyakk, kenyang dah, dan bisa di bagi-bagi ke mom, sist tadi hehehe

Today bikin ogura banyak lobang-lobang. kayaknya aduk belom rata. masi banyak gelembung-gelembung udaranya

Matcha Green Tea, recomended, cuco buat greentea lover

Sesuap pasti nambah lagi! Mild banget.

Matcha ogura slice

Happp

BACA JUGA YANG INI:

Resep Roti Untuk Pizza dan Burger-Resepku



Resep Roti Untuk Pizza dan Burger

Assalamualaikum posting perdanaku buntik roti ala rita ludya 1 kg terigu bisa dapat makanan sebanyak ini jadi 2 jenis yaitu burger dan pizza. Resep roti sudah berseliweran di sani sini tapi menurut saya yang ini paling mudah dan enak. Buatnya saya pakai oven jadul say yang nongkrong itu. Kalau mau di buat pizza adonannya di bulet bulet dulu trus di giling sama botol bekas sirup. Taruh di loyang buat kue kering di koreksi dulu taburi toping. Oven sampai matang. Mudah ko say.
Resep Roti Untuk Pizza dan Burger

Resep Roti

Bahan:
  • 1 kg terigu cakra
  • 200 g blueband
  • 15 g fermifan
  • 30 susu bubuk
  • 1 gls air hangat untuk melarutkan permifan
  • 5 kuning telor
  • 10 g garam
  • 250 gr gula pasir atau sesuai selera

Cara Membuat Roti

  1. Campurkan semua bahan uleni hingga kalis 15 menit.
  2. Setelah kalis diamkan tutup pakai serbet.
  3. Setelah 1 jam buka lalu kempiskan adonan lalu bagi adonan dan bentuk sesuai selera setelah itu diamkan lagi sampai kembung.
  4. Setelah kembung open hingga kecoklatan.
  5. Isi sesuai selera.

Resep Gulai Kacang Panjang Telur Puyuh Mudah dan Lezat Banget-ResepKu


Resep Gulai Kacang Panjang Telur Puyuh Mudah dan Lezat Banget

Resep Gulai Kacang Panjang Telur Puyuh Mudah dan Lezat Banget

Resep Gulai Kacang Panjang Telur Puyuh Mudah dan Lezat Banget

Resep Gulai Kacang Panjang Telur Puyuh – Senangnyaaa dapet resep ini dari ci xanders, kata ci xanders resep ini dari bundanya loh

Selama ini dari kecil taunya kacang panjang itu ditumis sama kecap atau sama sayur-sayur lainnya. jadi oseng-oseng sayur. ternyata dibikin gulai begini enyakk banget. sukaa. sukaa. hehehe

Simpell, lezattt, enak dah pkoknya.. bakal jadi resep kacang andalan ke depannya! dimaem sama nasi hangat, kerupuk makin yahud..wkkwkw.

Buat yang suka kering, bisa dimasak sampai mengering airnya, berhubung aku suka berkuah ya tabikin berkuah, aku tambah cabainya sampei 12 tadi. aku demen pedess soalnya

Cusss resepnyaa- makasi ci Xanders inspirasinyaa.

Gulai Kacang Panjang Telur Puyuh by Tintin Rayner

Bahan Bahan

  • 15 lonjor kacang panjang potong-potong
  • 2 ons udang kupas
  • 15 butir telur puyuh kupas
  • 2 cm lengkuas geprek
  • 3 lembar daun salam
  • 350 ml santan (aku pake kara)

Bahan Bumbu Halus

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 1 sendok makan udang kering/ebi (rendam, tiriskan)
  • 10-12 cabe merah keriting

Cara Membuat Gulai Kacang Panjang Telur Puyuh

Siapkan bahan-bahan

Tumis lengkuas, daun salam, disusul dengan bumbu halus lalu tumis lagi sampai harumm

Masukkan udang, tumis sampai berubah warna, disusul dengan kacang panjang dan telur puyuh

Tuangkan santan, lalu beri garam, gula sesuai selera kemudian masak sampai air menyusut (TEST RASA sebelum diangkat)

Taraaa. harumnyaa. bikin laperrr, begitu mateng langsungg ambil nasi panass, fiuhh-fiuh. lezatt bangett. dimaem sama kerupuk cuco momss

Note: bisa dibuat kering/berkuah ya semua kembali kembali ke selera, fleksibel koqq (Mau kental tinggal ditambah santan kental, mau encer juga bisaa.)

Nambah lagi resep kacang panjang andalan

Selamat mencoba

BACA JUGA YANG INI:

Resep Membuat Chiffon Taro Aka Ubi Ungu Super Soft Moist Fluffy-ResepKu


Resep Membuat Chiffon Taro Aka Ubi Ungu Super Soft Moist Fluffy

Resep Membuat Chiffon Taro Aka Ubi Ungu Super Soft Moist Fluffy

Chiffon Taro Aka Ubi Ungu

Resep Chiffon Taro Aka Ubi Ungu – Enak enak enak!! Horeeyy..#tebar confetti, Harumm buangett, lembabbb, kempus-kempus, kayak maem spon ubi ungu

Meskipun resepnya hasil ngarang, bahkan ada accident kocok putel kelamaan sampe terlalu kaku, ngaduk ke pasta susahh minta ampunn sampe adonan encerr cerrr, tapi. syukurlaah tetep jadi. inilah serunya amatir bereksperimen xixixixi.

Cake ini terwujud soalnya bingung mau memberdayakan bubuk Taro yang beli di TBk (beli bubuk Taro yang berkualitas, so pasti cari harga yang paling mahal saja, jadi dikemas kecil-kecil banget sama tokonya pake plastik biasa tanpa merk supaya terjangkau. karena untuk urusan bubuk-bubukan gini, ada harga ada kualitas.

Bubuk Taro ini sisa bikin Ogura Taro kemaren. Bener saja, bubuk ini selaen harumnya alami bangett, dia juga bikin lembabb cake ini layaknya ubi beneran! Cusssss resepnya hasil modifikasi sendiri.

Chiffon Taro Aka Ubi Ungu by Tintin Rayner

Bahan – Bahan A

  • 6 butir kuning telur
  • 100 cc susu cair full cream
  • 60 gram minyak goreng
  • 130 gram tepung kunci
  • 20 gram taro powder good quality
  • 1 sendok teh baking powder
  • 30 gram gula pasir

Bahan – Bahan B

  • 6 butir putih telur
  • 100 gram gula pasir butiran kecil
  • 1/4 sendok teh Cream of tar-tar / atau 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Chiffon Taro Aka Ubi Ungu

Siapkan bahan-bahan yang di butuhkan

NOTE : bubuk Taro 20 gram hasilnya ungu gelap yah, tapi rasa taronya lebih nampol. kalo suka yang mild saja + kalem warna ungunya, kasi 10-15 gram saja, kembali ke Selera.

Kocok lepas telur, gula pake whisker selama 1 menit, disusul minyak, susu cair, lalu ayak terigu, bp, taro powder di atasnya sambil di aduk pake whisker sampe rata licin kayak pasta

Kocok putih telur, cream of tar-tar, garam sampai mulai berbusa, lalu masukkan gula pasir bertahap 3x sambil terus dimixer sampai sampai kaku (jika baskom dibalik putel tidak jatuh)

Masukkan putih telur ke pasta A, seacra bertahap 3x di aduk pake SPATULA dengan teknik aduk lipat.

Tuangkan adonan ke dalam loyang Chiffon, lalu panggang selama 55 menit dengan suhu 170 derajat sampai matang, suhu dan waktu sesuaikan oven masing-masing ya.

Setelah matang, tengkurapkan loyang sampai suhu ruang kurang lebih selama 1 jam. aku biasa pakai leher botol sirup untuk menahan loyang (Syukurlah tetap mekar dengan baik)

Setelah suhu ruang, keluarkan dari loyang chiffon dengan Cara disisir pake pisau secara melingkar..

Chiffon ini sangat sangat enakk. rasanya unikk, harum ubi ungu + susunya match bangett + texturnya yang kempus-kempus kayak bantal. cuco untuk kempus-kempus lover

Taro Chiffon Cake, moist, pillowy, fragrant

Bakal jadi salah 1 chiffon kesayanganku selaen chiffon pandan, keju, cokelat dan greentea

Jadi jam 5 sore, jam 8 malem ini sudah abisss, syukurlah. biar besok bisa baking yang lain wkwkwk.

Selamat mencoba

BACA JUGA YANG INI:

Resep Chocolate Custard Muffin Ala Dan Lepard The Best Ever Highly Recomended-ResepKu


Resep Chocolate Custard Muffin Ala Dan Lepard The Best Ever Highly Recomended

Resep Chocolate Custard Muffin Ala Dan Lepard The Best Ever Highly Recomended

Chocolate Custard Muffin Ala Dan Lepard

Resep Chocolate Custard Muffin – Ahirnyaa bisa kukpadan lagiii setelah 2 hari vakumm ga bisa kirim komen apapun, erorr

Aku bikin muffin ini kemaren pagi. baru upload today, ga sempet soale kemaren, (baru intip kukpad ternyata Amei juga upload kemaren, sehati bingit nih padahal ga janjian) ckikikk, to the point yaah, soale mau pigiii anter anak-anak.

RESULT : Super Soft, Super Moist, Chocolaty,Chewy!! Beda dengan muffin standart yang beremah, muffin ini punya remah yang lembutt, pagi ini pun (brati sudah nginap 24 jam) masi lembabb, empuk seperti sediakala. Persiss bangett sama muffin Breadt*lk. ciyuss. #breadt*lk wannabe.wkwk.

Kalo pengen makin persis tinggal tambahin coklat dadu utuh ke adonan akhir terus taburan kasi chocips coklat. kalo aku kemaren pake taburan kacang dan chocochips putih (abisin stock aja) Muffin cokelat paling enak, perfectt yang pernah kubikin. R E C O M E N D E D. Titik.

Resep Muffin Chocolate Custard ini ASLI resep dari Dan Lepard yang terkenal bangett, resep-resepnya sering masuk di New York Times,cihuuuy, Dan Lepard ini adalah the Hottest baker di London,photographer+penulis buku. Fans berat Dan Leparddd. resep-resepnya ga diragukan lagi! Kemudian resep ini makin booming, banyak di re’share ulang sama Blogger-blogger indo, cusssssssss

Chocolate Custard Muffin by Tintin Rayner

Bahan Bahan

  • 50 gram tepung maizena
  • 3 sendok makan cokelat bubuk good quality
  • 100 gram gula palem
  • 225 susu cair
  • 75 gram butter aku pake orchid
  • 125 gram coklat blok potong kecil
  • 75 ml minyak sayur
  • 2 butir telur
  • 110 gram gula pasir butiran halus
  • 125 gram tepung terigu segitiga
  • 1 sendok teh baking powder double action

Bahan Taburan

  • Chocolate chips/almond/kacang/apapun stocknya

Cara Membuat Chocolate Custard Muffin

Masak susu cair, gula palem, tepung maizena dan coklat bubuk di atas api kecil. sambil di aduk pake whisk terus sampei meletup kental dan licin, lalu masukkan butter, dan coklat blok kemudian aduk lagi sampai licinn

Matikan api, lalu segera masukkan 1 butir telur, minyak, aduk cepat lagi sampai rata

Masukkan 1 telur lagi, gula pasir, aduk rata yah, dan terakhir masukkan terigu dan baking powder yang sudah di ayak, aduk rata lagi.

Tuangkan adonan ke dalam cup muffin, lalu beri taburan, kemudian panggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat selama 25-30 menit sesuai oven masing-masing

Harumm buangettt aromanya, lembab! moisttt.. basyah, mmmm aku langsung abis 3 cupp. lupakan diett. mamam ini ajaa!

Selamat mencoba

BACA JUGA YANG INI:

Resep Membuat Agar Singkong, Menu Andalan Ibu – Ibu Golf, Rasanya Enak Banget-ResepKu


Resep Membuat Agar Singkong, Menu Andalan Ibu – Ibu Golf, Rasanya Enak Banget

Resep Membuat Agar Singkong, Menu Andalan Ibu – Ibu Golf, Rasanya Enak Banget

Agar Singkong

Resep Membuat Agar Singkong – Resep ini hasil todong ke Mami Turut di Palembang Golf Club beberapa tahun yang lalu. Rasanya enak banget, wajar dong jadi menu andalan ibu-ibu golf kalo lagi ngumpul. Jadi kangen. Kapan ya bisa ketemu lagi. Long time no see u Mami.

Agar Singkong

Bahan Bahan

  • 3 kg singkong
  • 3 bungkus agar merk swallow
  • 550 ml air
  • 600 gram gula pasir
  • 3 pewarna makanan

Bahan Taburan

  • 600 gram kelapa parut
  • Secukupnya garam

Cara Membuat Agar Singkong

Bersihkan singkong lalu parut kemudian campurkan singkong parut, air, agar dan gula pasir. Aduk rata.

Pisahkan jadi 3 bagian adonan, lalu masukkan pewarna ke masing-masing adonan, kemudian masukkan adonan pertama ke dalam cetakan yang sudah diolesi minyak dan dilapisi plastik.

Adonan pertama siap dikukus selama 30 menit dengan api sedang, lalu keluarkan agar singkong dari cetakan. dan dinginkan.

Lakukan lagi langkah no.4 sampai no.6 ke adonan berikutnya sampai selesai.

Setelah agar singkong dingin potong kotak-kotak atau sesuai selera

Kukus kelapa parut yang sudah ditambahkan garam secukupnya dalam satu wadah.

Masukkan dalam satu wadah lalu taburi agar singkong dengan kelapa parut yang sudah dikukus

Agar Singkong siap dihidangkan

Yummy.

BACA JUGA YANG INI: